Telkomsel terus fokus ke bisnis digital.
Telkomsel terus fokus ke bisnis digital.

Kontribusi Pendapatan Layanan Digital Telkomsel Terus Naik

Teknologi telkomsel telekomunikasi
Ellavie Ichlasa Amalia • 28 Mei 2019 15:22
Jakarta:Telkomsel merayakan ulang tahunnya yang ke-24 pada 26 Mei lalu. Perusahaan telekomunikasi itu berkata bahwa ke depan, mereka ingin menjadi perusahaan telekomunikasi digital dan ikut serta dalam mengembangkan ekosistem digital di Indonesia.
 
"Kami bangga dapat terus melayani ratusan juta pengguna layanan seluler di tanah air melalui jaringan serta ragam produk dan layanan digital," kata Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah. "Ini mendorong kami untuk menyediakan solusi terbaik bagi kebutuhan masyarakat."
 
Sekarang, Telkomsel fokus untuk mengembangkan bisnis digital. Ini membuat kontribusi pendapatan dari bisnis digital naik menjadi 61,4 persen dari 48 persen pada tahun lalu. Sementara pendapatan dari layanan data naik 29,7 persen dengan data payload naik sebesar 56,6 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Layanan digital juga mengalami pertumbuhan, yaitu 28,6 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hasil yang terlihat dari performa bisnis Telkomsel telah sejalan dengan upaya transformasi kami baik dari segi bisnis maupun organisasi," kata Ririek. Berkomitmen untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital, Telkomsel memperluas layanannya, menyertakan layanan digital termasuk gaya hidup digital, layanan finansial mobile, iklan digital, banking digital, big data, dan Internet of Things (IoT).
 
"Lebih dari itu, Telkomsel memastikan untuk memaksimalkan sumber daya alam terbatas yaitu frekuensi, dengan terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan dan industri telekomunikasi nasional," kata Ririek.
 
Saat ini, Telkomsel memiliki 168 juta pelanggan. Dengan 197 ribu BTS, Telkomsel menjangkau lebih dari 95 persen populasi Indonesia. Dari total BTS Telkomsel, sebanyak 147 ribu merupakan BTS 3G/4G. Soal jaringan 4G, Telmosel menyebutkan bahwa jaringan mereka telah mencakup lebih dari 500 ibu kota dan kabupaten, yang mencakup 93 persen populasi di Indonesia.
 
Kontribusi Pendapatan Layanan Digital Telkomsel Terus Naik
Pameran mobil elektrik otonom di 5G Experience.
 
Pada Q1 2019, Telkomsel telah menggunakan teknologi Massive MIMO pada delapan ribu BTS utnuk menyediakan jaringan 4,9G. Mereka juga menyebutkan bahwa mereka akan terus melakukan transformasi digital dan mengimplementasikan roadmap teknologi mobile broadband untuk menyediakan teknologi 5G.
 
Sebelum ini, Telkomsel telah menyediakan 5G Experiencce di Gelora Bung Karno pada Asian Games 2018. Tujuannya, untuk menampilkan bagaimana 5G bisa digunakan.
 
Ririek mengaku, industri telekomunikasi saat ini sangat cepat berubah dan memiliki berbagai tantangan, seperti transisi dari layanan lawas ke data, kompetisi yang ketat, dan regulasi registrasi kartu prabayar. Namun, Telkomsel percaya, ini semua akan membuat industri telekomunikasi di Indonesia menjadi lebih sehat dan rasional.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif