Ilustrasi. (Yuga Kurita via Getty Images)
Ilustrasi. (Yuga Kurita via Getty Images)

Penambang Uang Kripto Persulit Peneliti Pencari Alien

Teknologi antariksa kartu grafis cryptocurrency
Ellavie Ichlasa Amalia • 15 Februari 2018 13:00
Jakarta:Banyak penambang cryptocurrency yang menggunakan kartu grafis premium. Hal ini menciptakan kurangnya suplai untuk gamer. Namun, ternyata, gamer bukannya satu-satunya pihak yang kesulitan mendapatkan kartu grafis karena para penambang mata uang virtual.
 
Kurangnya suplai kartu grafis juga membuat SETI (Search for Extraterrestrial Life) kesulitan. Para peneliti SETI ingin membuat sistem komputer yang canggih di dua kantornya, tapi mereka tidak bisa menemukan GPU (Graphics Processing Unit) yang mereka cari, lapor BBC.
 
"Kami ingin menggunakan GPU terbaru... dan kami tidak bisa mendapatkannya," kata Chief Scientist SETI, Dan Werthinner.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini adalah masalah baru, dan ini hanya terjadi ketika kami mencari GPU dalam beberapa bulan belakangan."
 
Sederhananya, para penambang cryptocurrency memanfaatkan tenaga GPU untuk mengerjakan masalah matematika yang rumit, yang akan memberikan mereka sejumlah mata uang virtual, seperti yang dijelaskan oleh Engadget.
 
Para peneliti SETI memerlukan kartu grafis yang mumpuni untuk memindai banyak frekuensi komunkasi dalam waktu bersamaan untuk memastikan bahwa mereka tidak melewatkan komunikasi yang mungkin dilakukan oleh alien. SETI di Berkeley saja memiliki 100 GPU.
 
Sementara markas SETI di Green Bank, West Virginia dan Parkes, Australia tengah diekspansi. Hanya saja, ketiadaan GPU membuat hal ini sulit untuk direalisasikan. "Kami memiliki dana yang cukup, kami telah menghubungi para vendor dan mereka berkata, 'kami tidak punya'," kata Werthinner.
 
Bulan Juni lalu, AMD dan NVIDIA berusaha menyelesaikan masalah kekurangan kartu grafis dengan mengumumkan kartu grafis baru khusus untuk para penambang cryptocurrency. Samsung mengikuti langkah keduanya dengan meluncurkan GPU-nya sendiri bulan lalu. Namun, hal itu tidak menyelesaikan masalah.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif