Banyak perusahaan yang telah mendengar dan berminat untuk mengadopsi AI generatif. Namun, mereka belum bisa menentukan keputusan terhadap adopsi tersebut, yang bisa memberikan dampak jelas dan positif untuk perusahaan.
Sebagai salah satu evolusi dari AI, model generatif bisa diterapkan pada banyak skenario, dari hal dasar seperti mengolah dan menentukan kategori data, menerjemahkan bahasa untuk tim IT, hingga menciptakan konten marketing.
"Kami telah berada di Singapura sejak tahun 1953," kata Colin Tan, GM & Technology Leader IBM Singapore dalam sambutannya. Kehadiran mereka juga berkontribusi dalam perkembangan inovasi dan teknologi Singapura. Dalam acara ini, Colin juga mengumumkan sejumlah kerja sama dengan partner seperti pemerintah Singapura dari sektor pemerintahan, serta SAP dari organisasi swasta.
Melanjutkan pengumuman solusi AI generatif watsonx, dalam Think Singapore 2023 juga diperlihatkan demonstrasi atau contoh penggunaan skala bisnis. Solusi watsonx terdiri dari tiga macam, salah satunya adalah IBM watsonx.ai, yang membantu organisasi dalam melatih, menguji, menyetel, dan menerapkan kemampuan AI generatif.
Kemudian ada IBM watsonx.data, solusi penyimpanan data yang didukung oleh kueri, tata kelola, dan format data terbuka dalam mengakses dan berbagi data. Solusi ini dapat mengelola beban kerja baik di lokasi maupun di lingkungan multi-cloud.
Berikutnya ada watsonx.governance, merupakan pengelola AI untuk memungkinkan alur kerja AI terpercaya dan transparan. Solusi ini diharapkan akan tersedia secara umum pada akhir tahun 2023 mendatang.
Kemampuan utama watsonx.governance adalah mengoperasionalkan tata kelola untuk membantu mengurangi risiko, waktu, dan biaya terkait dengan proses manual dan menyediakan dokumentasi yang diperlukan untuk mendorong hasil yang transparan dan dapat dijelaskan.
Dalam acara ini, IBM juga mengumumkan sejumlah kerja sama, salah satunya dengan badan otoritas Singapura. Kerja sama ini dalam bentuk penerapan 5G dan AI dalam departemen Pemadam Kebakaran. Adopsi AI ini fokus pada pemeriksaan perlengkapan sebelum petugas damkar ke lapangan.
Kecerdasan buatan ditanam pada kacamata AR yang kemudian secara otomatis akan memindai berbagai perangkat yang sedang diperiksa. AI secara otomatis akan memindai dan memberikan status layak pakai. Dalam demonya, penilaian ini muncul secara real time.
Josephine Teo, Menteri Komunikasi dan informatika Singapura menyebutkan, pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana mengubah tantangan menjadi peluang. Dengan AI menjadi topik utama, mereka mulai melihat dan mengembangkan LLM.
"Kami telah memiliki rencana strategis AI sejak 2019," kata Josephine. Untuk sektor medis atau kesehatan, AI membantu memberikan resep yang akurat kepada pasien. "AI juga akan membantu dalam menciptakan komputerisasi hijau," pungkasnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News