Pemerintah Arab Saudi dikabarkan melatih seorang pegawai Twitter untuk menjadi mata-mata. (Photo by NICOLAS ASFOURI / AFP)
Pemerintah Arab Saudi dikabarkan melatih seorang pegawai Twitter untuk menjadi mata-mata. (Photo by NICOLAS ASFOURI / AFP)

Arab Saudi Punya Mata-Mata di Twitter?

Teknologi media sosial twitter
Ellavie Ichlasa Amalia • 22 Oktober 2018 11:18
Jakarta:Pada hari Sabtu, New York Times membuat artikel tentang langkah yang diambil oleh Arab Saudi untuk melawan oposisi di Twitter.
 
Wartawan Amerika Serikat, Jamal Khashoggi, menjadi korban serangan online sebelum kematiannya. Salah satu hal yang dilakukan oleh Arab Saudi adalah melatih seorang pegawai Twitter untuk memata-matai akun pengguna.
 
Menurut Times, beberapa tahun lalu, badan intelijen barat telah menghubungi Twitter, mengatakan bahwa, pemerintah Arab Saudi tengah "melatih" salah satu pegawai mereka, Ali Alzabarah untuk "memata-matai akun orang-orang yang membelot."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Alzabarah bekerja di Twitter sejak 2013 sebagai seorang teknisi yang dapat mengakses akun para pengguna. Pemerintah Arab Saudi berhasil meyakinkannya untuk memerhatikan beberapa akun, lapor The Verge.
 
Setelah mendapatkan peringatan, Twitter dikabarkan membuat Alzabarah mengambil cuti administratif ketika penyelidikan berlangsung.
 
Meskipun tidak ditemukan bukti bahwa dia memberikan data pengguna Twitter pada pemerintah Arab Saudi, dia dipecat pada akhir 2015. Setelah dipecat, Alzabarah kembali ke Arab Saudi.
 
Twitter kemudian memberikan notifikasi pada puluhan akun yang mungkin menjadi target.Times menyebutkan, beberapa akun yang diduga dimata-matai oleh pemerintah Arab Saudi adalah milik peneliti keamanan, akadmisi, dan wartawan, termasuk orang-orang yang ikut serta dalam proyek Tor.
 
Sebelum kematiannya, Khashoggi terlibat dalam proyek untuk melawan perlakuan kejam di dunia maya.
 
Ketika diminta berkomentar, juru bicara Twitter berkata bahwa mereka tidak memiliki informasi baru untuk ditambahkan saat ini.Dalam laporan ini, tidak disebutkan apakah akun Khashoggi termasuk salah satu akun yang dimata-matai oleh Alzabarah.
 
Namun, dia memang menjadi korban serangan dari para troll di bawah pemerintah Arab Saudi untuk membungkam para oposisi yang mengkritik.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif