Ilustrasi.
Ilustrasi.

Selain Investasi, Apa Sumber Pendapatan E-Commerce?

Teknologi tokopedia lazada e-commerce
Ellavie Ichlasa Amalia • 01 Maret 2019 16:02
Jakarta:Salah satu cara e-commercemendapatkan pemasukan adalah mencari suntikan dana dari investor, seperti yang dilakukan oleh Tokopedia pada Softbank dan Alibaba atau Bukalapak dengan Mirae Asset-Naver Asia Growth Fund.
 
Cara lain yang bisa digunakan oleh situs e-commerce untuk mendapatkan pemasukan adalah dengan meminta komisi pada para pedagang yang berjualan di situsnya. Menariknya, ada juga e-commerce yang tidak meminta komisi pada para penjualnya. Lalu, darimana mereka mendapatkan pemasukan?
 
Menurut iPrice, ada tujuh cara lain bagi perusahaan e-commerce untuk mendapatkan pemasukan. Pertama, mereka bisa menawarkan keanggotaan berbayar. E-commerce akan membiarkan para penjual menjajaki jualannya dengan gratis. Namun, mereka menyediakan fitur-fitur khusus yang hanya bisa dinikmati oleh penjual yang menjadi anggota berbayar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fitur premium yang ditawarkan beragam, mulai dari penataan tampilan toko, statistik penjualan, pengelolaan produk, kuota etalase yang lebih banyak, hingga pemilihan strategi agar produk bisa menajdi laku.
 
Cara lainnya adalah dengan menyediakan iklan atau promosi berbayar pada penjual. Para penjual bisa memanfaatkan fitur ini bahkan jika mereka bukan anggota berbayar. Ketiga, perusahaan e-commerce bisa menyediakan keanggotaan toko resmi.
 
Selain Investasi, Apa Sumber Pendapatan E-Commerce?
 
Biasanya, keanggotaan toko resmi hanya ditawarkan pada penjual yang memiliki merek resmi dan menjual barang orisinal.
 
Penjual yang menjadi toko resmi akan dapat menampilkan produk mereka di halaman eksklusif. Keanggotaan toko resmi biasanya juga merupakan jaminan bahwa sebuah toko akan menawarkan pengalaman berbelanja yang aman dan nyaman.
 
Perusahaan e-commerce juga bisa menawarkan jasa pembuata konten. Biasanya, ini ditawarkan untuk penjual yang ingin agar etalase tokonya terlihat profesional.
 
Jasa yang ditawarkan beragam, mulai dari konten berupa teks, foto, hingga teknik SEO (Search Engine Optimization). Mereka juga bisa menawarkan workshop berbayar bagi penjual yang ingin belajar tentang strategi berjualan untuk meningkatkan penjualan.
 
Membuat jasa pengiriman barang sendiri juga bisa jadi salah satu cara bagi perusahaan e-commerce untuk mendapatkan pemasukan. Dengan ini, perusahaan juga bisa mengoptimalkan waktu dan biaya pengiriman produk.
 
Terakhir, situs e-commerce bisa menawarkan produk digital, seperti pulsa, uang elektronik, tiket transportasi, asuransi kesehatan dan lain sebagainya.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif