WhatsApp dilaporkan telah melengserkan Facebook sebagai aplikasi mobile paling populer.
WhatsApp dilaporkan telah melengserkan Facebook sebagai aplikasi mobile paling populer.

WhatsApp Geser Facebook Jadi Aplikasi Terpopuler

Teknologi whatsapp
Lufthi Anggraeni • 18 Januari 2019 11:34
Jakarta: WhatsApp dilaporkan telah melengserkan Facebook dari tahta sebagai aplikasi mobile terpopuler di Amerika Serikat. Hal ini disebutkan pada laporan tahunan State of Mobile karya perusahaan penelitian App Annie.
 
Pengguna aktif bulanan WhatsApp dilaporkan melampaui pengguna Facebook pada tolok ukur yang sama. Pencapaian ini pertama kali diraih aplikasi pesan instan tersebut pada bulan September 2018 lalu.
 
Sejak bulan September lalu itu, Facebook dilaporkan tidak mampu mengembalikan popularitas jejaring sosialnya di kalangan pengguna perangkat mobile. Namun saat ini, belum tersedia informasi terkait perbedaan jumlah pengguna WhatsApp dan Facebook.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Mark Zuckerberg dilaporkan gemar membanggakan angka dan pencapaian individual dari masing-masing produk sosial yang dinaungi oleh Facebook. Namun sejumlah pihak menilai, pernyataan Zuckerberg semakin samar dalam beberapa tahun terakhir.
 
Secara resmi, WhatsApp memiliki 1,5 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia pada tahun 2018 lalu. Sedangkan Facebook mencapai titik puncak prestasinya dengan jumlah pengguna sebesar dua miliar pada tahun 2017 lalu.
 
Meskipun demikian, layanan Facebook semakin terfokus pada perangkat mobile, sedangkan sebagian besar penggunanya masih didominasi oleh pengguna desktop saja. Secara keseluruhan, Facebook berhasil mengalahkan WhatsApp dalam hal jumlah rata-rata bulanan dari pengguna aktif mobile pada tahun 2018.
 
Namun, akibat tingkat pertumbuhan yang dialami keduanya baru-baru ini, WhatsApp dinilai akan dengan mudah menggeser Facebook dari posisi pertama pada tahun 2019 ini. Sementara itu, WhatsApp masih harus berjuang menghadapi tantangan dalam hal adopsi skala besar.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif