Begini cara membubuhkan tanda tangan pada dokumen dengan format PDF pada peramban Edge.
Begini cara membubuhkan tanda tangan pada dokumen dengan format PDF pada peramban Edge.

Tips & Trik

Cara Buat Tanda Tangan untuk Dokumen PDF

Lufthi Anggraeni • 17 Mei 2022 11:49
Jakarta: Kemajuan teknologi turut berdampak pada berkurangnya penggunaan kertas untuk mengurus dokumen, sebab sebagian besar dokumen yang semula dicetak di kertas telah diubah ke dalam format dokumen PDF.
 
Namun, bahkan dokumen digital juga perlu ditandatangani, sehingga Anda kerap diharuskan mencetak dokumen digital, menandatanganinya, dan kemudian memindai dokumen untuk menyimpannya kembali ke komputer.
 
Atau, Anda dapat menciptakan tanda tangan digital dan menempatkannya secara langsung pada dokumen PDF. Windows tidak menawarkan fitur tanda tangan PDF terintegrasi layaknya fitur yang ditawarkan Mac.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, Anda dapat menggunakan peramban Windows terintegrasi, Microsoft Edge, untuk menandatangani dokumen PDF. Tersedia juga aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda unduh, yang menawarkan kemampuan serupa.
 
Berikut langkah yang perlu Anda lakukan untuk membubuhkan tanda tangan di dokumen PDF via Edge.
 
1. Temukan dokumen PDF di File Manager.
 
2. Klik kanan pada file yang diinginkan, dan buka menggunakan Microsoft Edge.
 
3. Setelah file terbuka via PDF Reader di Edge, klik menu Draw dengan ikon pensil mengarah ke bawah.
 
4. Pada perangkat layar sentuh, fitur akan secara otomatis mengaktifkan Draw dengan opsi Touch, ikon yang menyerupai tangan.
 
5. Gunakan kursor, atau jari pada perangkat layar sentuh, untuk menandatangani PDF, kemudian simpan dokumen.
 
Cara ini merupakan cara tercepat untuk menandatangani dokumen PDF, meski artinya Anda harus melakukan proses yang sama setiap kali harus menandatangani dokumen. Akan lebih mudah jika Anda dapat segera menampilkan tanda tangan ke dokumen.
 
Salah satu cara untuk melakukan hal tersebut yaitu membubuhkan tanda tangan di atas kertas, kemudian memotretnya, dan mengunduh foto dalam format dokumen PDF atau file grafik. Selamat mencoba!
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif