Ilustrasi.
Ilustrasi.

XL Axiata Catat Kenaikan Trafik Data di Mudik Lebaran, Kegiatan Streaming Paling Digemari

Teknologi XL Axiata Mudik Lebaran 2022
Cahyandaru Kuncorojati • 10 Mei 2022 13:20
Jakarta: XL Axiata merilis informasi terkait trafik layanan mereka di periode masa libur Hari raya Idul Fitri 1443 H yaitu di tanggal 24 April hingga 7 mei 2022. Mereka mengklaim bahwa Customer Experience & Service Operation Center mencatat adanya kenaikan trafik layanan di kategori data (internet).
 
Lonjakan trafik secara nasional yang dicatat diklaim mencapai 33 persen lebih tinggi dibandingkan periode Lebaran tahun sebelumnya, dan 11 persen apabila dibandingkan hari-hari biasa sebelum Ramadan.
 
Lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari diperbolehkannya masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik dan berlibur, setelah dua tahun sebelumnya hal tersebut dilarang karena terjadinya pandemi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Lebaran tahun ini dipenuhi suasana eforia masyarakat di berbagai daerah. Hal ini bisa kita lihat antara lain dari kenaikan trafik data yang cukup signifikan, demikian juga dengan data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis,” tutur Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa.
 
“Akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi, yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk saling berbagi kegembiraan. Kami di XL Axiata bersyukur bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan selama masa liburan yang penuh kegembiraan ini,” jelasnya.
 
Selama periode Ramadan dan Lebaran, trafik layanan data secara nasional didominasi oleh streaming yang mencapai 52 persen, disusul oleh social network sebesar 42 persen.
 
Pada layanan streaming, sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis gim mengalami kenaikan trafik rata-rata hingga 66 persen, Netflix naik 16 persen, YouTube naik 40 persen, TikTok naik 76 persen, Spotify naik 21 persen, dan Vidio relatif stabil.
 
Di layanan instant messenger, secara nasional trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 38 persen. Sementara pada layanan social network, trafik Twitter meningkat 29 persen dan Meta (Facebook) 38 persen.
 
Layanan lainnya juga mengalami kenaikan trafik, antara lain belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 23 persen, sedangkan web browsing naik 36 persen. Layanan video conference seperti Zoom yang sebelumnya populer kini terpantau stagnan karena momen cuti dan liburan.
 
Layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 48 persen dibanding hari normal.
 
Layanan legacy seperti telekomunikasi SMS dan voice mengalami kenaikan dan penurunan, masing-masing sebesar enam persen dan tiga persen dibandingkan hari biasa. Namun layanan voice berbasis LTE atau VoLTE justru meningkat 13 persen, contohnya WhatsApp Call.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif