Advan juga menjadi vendor dalam proyek pengadaan laptop untuk pelajar dari pemerintah, menyiapkan 20 ribu unit.
Advan juga menjadi vendor dalam proyek pengadaan laptop untuk pelajar dari pemerintah, menyiapkan 20 ribu unit.

Advan Juga Siapkan Chromebook Pesanan Pemerintah

Teknologi teknologi advan
Lufthi Anggraeni • 30 Juli 2021 15:37
Jakarta: Selain Zyrex, Advan juga menjadi salah satu vendor dalam proyek pengadaan laptop lokal untuk pendidikan besutan pemerintah. Advan dilaporkan akan memproduksi sebanyak 20 ribu unit Chromebook untuk proyek pemerintah tersebut.
 
Untuk program ini, Advan menyebut bahwa pemerintah telah memesan sebanyak 20 ribu unit perangkat, meski kesanggupan penyediaan hingga bulan Desember mendatang diklaim sebanyak 70 ribu.
 
Advan akan memproduksi salah satu model perangkat dari portofolionya, yaitu Advan Chromebook 116. Laptop tersebut akan dirakit di pabrik Advan yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagai informasi, Advan Chromebook 116 mengusung layar 11,6 inci, beresolusi 1366 x 768 piksel, dan mengusung rasio aspek 16:9. Perangkat ini didukung oleh prosesor dual core Intel Celeron N4030 Gemini Lake Refresh 1.1 GHZ 4M cache dan didampingi RAM 4GB LPDDR4 dan memori internal eMMC 32GB.
 
Advan Chromebook 116 juga didukung kamera beresolusi 720p, serta baterai berkapasitas 3.320mAh yang diklaim mampu bertahan selama 12 jam dan didukung oleh teknologi pengisian baterai berdaya 38W.
 
Laptop ini juga didukung sejumlah port termasuk satu port USB 3.0, satu card reader 2-in-1, jack audio 3,5mm, dua port USB-C dengan fungsi PD, serta dua speaker. Advan memang enggan berbagi informasi menyoal harga perangkat ini, namun eKatalog Kemendikbud menampilkan Advan Chromebook 116 seharga Rp6,5 juta.
 
Sebelumnya, Zyrex dilaporkan menerima pesanan sebanyak 165 ribu laptop untuk program Kemendikbudristek senilai Rp700 miliar. Zyrex mengejar target untuk menyediakan sebanyak 8.000 laptop yang akan dikirimkan ke seluruh sekolah di Indonesia sebelum bulan Desember.
 
Sementara itu pada bulan Desember 2020 lalu, Asus telah merilis Chromebook C214 dan C204 yang digadang sebagai laptop ramah anak. Laptop dengan sistem operasi Chrome OS ini ditujukan untuk kebutuhan anak terutama kegiatan edukasi.
 
Asus Chromebook C214 dan C204 juga punya baterai yang diklaim bisa bertahan hingga 11 jam penggunaan. Kedua produk dibanderol mulai dari harga Rp5 juta yang juga bisa dipilih oleh sekolah yang memiliki membutuhkan alat belajar interaktif.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif