Laptop gaming Lenovo Legion. (SCMP)
Laptop gaming Lenovo Legion. (SCMP)

Lenovo Optimistis Potensi Bisnis Segmen Gaming di Asia Pasifik Positif

Teknologi lenovo laptop
Cahyandaru Kuncorojati • 22 September 2021 08:09
Jakarta: Kehadiran produk Lenovo Legion di Indonesia mulai memikat konsumen dan menjadi kompetitor serius terutama untuk pasar Asia Pasifik. Di sebuah kesempatan, Lenovo Asia-Pacific Gaming Lead, Ian Tan mengaku sudah menyiapkan rencana besar ke depannya melihat potensi bisnis segmen gaming yang bertumbuh pesat.
 
Tan melihat bahwa ada beberapa tren yang kini tengah ramai di segmen gaming yaitu fitur cross-platform gaming dan model layanan gaming berbasis langganan. Keduanya adalah tren yang saling berkaitan.
 
“Kini orang-orang dapat bermain tanpa harus memikirkan platform perangkat yang digunakan dan hal ini (cross-platform) memperbesar jumlah pemain multiplayer di sebuah game,” ujar Tan. 
Model layanan gaming berbasis langganan juga ikut mendorong pertumbuhan industri game.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kini gamer tidak perlu langsung membeli sebuah game karena bisa mencobanya terlebih dahulu, fitur seperti Xbox Game Pass kini juga sudah tersedia untuk PC atau laptop misalnya di dalam setiap produk PC gaming Lenovo Legion.
 
“Ray-tracing dan grafis yang sangat realistis akan menjadi lebih populer, berkat hardware yang semakin powerful. Saya lihat kini semakin banyak orang yang membeli laptop gaming sebagai PC pertama mereka,” ungkap Tan.
 
“Hal ini terjadi karena laptop gaming menawarkan keseimbangan antara performa bertenaga dan portabilitas yang membuka lebih banyak kemungkinan yang dapat dilakukan dengan PC Anda,” jelasnya. 
 
Tan mengklaim porsi laptop gaming entry-level mendominasi penjualan di berbagai negara, dan Lenovo menyediakan produk unggulannya seperti Lenovo IdeaPad Gaming 3 untuk memenuhi permintaan laptop gaming yang powerful tapi dengan harga ramah dompet.
 
Meskipun begitu Tan mengaku bahwa Lenovo tidak hanya menargetkan pengguna yang seorang gamer sehingga laptop Lenovo Legion juga dirancang untuk mereka yang bekerja kantoran namun masih menyisihkan waktu untuk bermain game saat luang.
 
Tidak heran apabila kebanyakan laptop Lenovo Legion hadir dengan desain low-profile atau mirip laptop profesional namun dengan spesifikasi tinggi dan performa powerful.
 
Menurut Tan peluang bisnis di segmen gaming pada pasar Asia-Pasifik terutama Indonesia masih sangat besar. Dia mengutip data riset Newzoo yang mengungkapkan fakta bahwa kawasan ini terutama Tiongkok memiliki jumlah gamer terbesar di dunia yang mencapai 1,6 miliar gamer.
 
“Lenovo Legion adalah brand yang masih muda dengan usia kurang dari lima tahun, namun, produk kami sekarang telah menjadi produk terlaris tiap harinya di Indonesia. Kami sangat berterima kasih atas respons positif pasar terhadap Legion,” ucap Tan.
 
“Tujuan jangka panjang kami adalah untuk menjadikan Lenovo Legion melekat dengan gaming seiring juga terus memperluas ekosistem produk dan layanan kami,” sambungnya. 
 
Sejumlah cara dilakukan Lenovo, misalnya menyediakan channel komunitas di media sosial, layanan service bergaransi di tempat dan hotline khusus bagi pengguna produk Lenovo Legion.
Mereka juga beberapa tahun belakangan gencar menggelar turnamen esports offline maupun online.
 
Lenovo Legion saat ini menyediakan sejumlah seri laptop gaming untuk segmen yang berbeda mulai dari entry-level, gaming mainstream, dan premium. Apabila di entry-level ditawarkan IdeaPad Gaming 3 pada banderol mulai dari Rp12,9 juta maka di seri mainstream ada Lenovo Legion 5 di harga mulai dari Rp18,4 juta.
 
Di seri premium Lenovo Legion menyediakan beberapa lineup yaitu Lenovo Legion 5 Pro dan Lenovo Legion 7. Bagi mereka yang mencari laptop gaming tipis dan ringan dengan bobot di bawah dua kilogram tersedia Lenovo Legion Slim 7.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif