Tagar yang digunakan untuk konten MWC (Mobile World Congress) 2020 di media sosial. (AndroidPIT)
Tagar yang digunakan untuk konten MWC (Mobile World Congress) 2020 di media sosial. (AndroidPIT)

MWC 2020

Pernyataan Terbaru GSMA Terkait Virus Korona dan MWC 2020

Teknologi teknologi Virus Korona telekomunikasi MWC 2020
Cahyandaru Kuncorojati • 10 Februari 2020 08:56
Jakarta: GSMA sebagai penyelenggara event teknologi seluler dan telekomunikasi tahunan MWC (Mobile World Congress) di Barcelona, Spanyol, kembali merilis pernyataan terkait virus Korona dan absennya beberapa eksibitor.
 
Melalui situs resminya, GSMA menyatakan bahwa mereka menyadari virus Korona telah membuat pengunjung maupun eksibitor dari kawasan Tiongkok memilih mundur dari acara ini.
 
Namun, GSMA juga berterima kasih karena eksibitor seperti ZTE dan Huawei menyatakan tetap hadir di acara MWC 2020 tanggal 24-27 Februari nanti. ZTE dan Huawei disebut GSMA telah mengambil langkah preventif sehingga dipastikan tetap bisa hadir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami sangat senang atas tindakan preventif yang dilakukan eksibitor dari Tiongkok seperti ZTE dan Huawei. Hari ini kami menyatakan bahwa GSMA akan tetap dilaksanakan sesuai rencana. Meskipun ada beberapa eksibitor besar tidak hadirm tapi masih ada lebih dari 2.800 eksibitor lain yang tampil," tulis GSMA.
 
Tidak diketahui langkah preventif apa yang dilakukan oleh ZTE maupun Huawei. Kabarnya, Huawei dan beberapa perusahaan Tiongkok hanya akan mengirimkan perwakilan atau pegawai dari kawasan negara lain yaitu Amerika dan Inggris, bukan negara asalnya.
 
Pernyataan ini juga membantah laporan bahwa ZTE mundur dari MWC 2020 beberapa waktu lalu. Head of Asia Pacific GSMA Julian Gorman yang beberapa hari lalu berkunjung ke Indonesia juga menyatakan pihak ZTE masih menyatakan hadir di acara tersebut.
 
Bersama dengan pernyataan terbaru GSMA memberikan sejumlah peraturan baru. Pertama, pengunjung dari provinsi Hubei, Tiongkok, dilarang hadir. Hal ini berkaitan dengan kota Wuhan yang ada di Hubei merupakan titik penyebaran virus Korona.
 
"Pengunjung dari Tiongkok yang hadir harus membuktikan terlebih dahulu bahwa 14 hari sebelum acara telah berada di luar negaranya melalui stempel paspor dan berkas uji kesehatan," tulis GSMA.
 
Sama seperti di negara lain, pengecekan suhu badan juga akan dilakukan oleh tim GSMA dan pengunjung harus bisa membuktikan bahwa mereka tidak melakukan kontak dengan seseorang yang sudah terinfeksi.
 
Demi mendapatkan kepercayaan dari pengunjung dan memastikan acara berlangsung dengan aman, GSMA menyatakan sudah berkolaborasi dengan pemerintah provinsi Catalunia terutama lembaga kesehatan setempat untuk melakukan pencegahan dan pemantauan kondisi setiap waktu.
 
Akhir pekan kemarin, dikabarkan bahwa Ericsson dan NVIDIA menyusul LG ikut tidak hadir di MWC 2020. Ericsson sendiri merupakan eksibitor besar di acara tersebut yang terkenal di kalangan industri telekomunikasi.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif