Lenovo Legion Phone Duel, smartphone gaming pertama Lenovo.
Lenovo Legion Phone Duel, smartphone gaming pertama Lenovo.

Spesifikasi Lenovo Legion Phone Duel, Pesaing Asus ROG Phone 3

Teknologi teknologi lenovo
Cahyandaru Kuncorojati • 23 Juli 2020 15:14
Jakarta: Asus ROG Phone 3 resmi diperkenalkan ke dunia. Di hari yang sama, Lenovo juga merilis smartphone gaming pertamanya yaitu Lenovo Legion Phone Duel. Keduanya menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 865 Plus sehingga jadi kompetitor baru Asus ROG.
 
Meskipun baru berpatama kali merilis smartphone gaming tapi Lenovo Legion Phone Duel cukup menjanjikan. Sayangnya belum diketahui apakah Lenovo di Indonesia akan merilisnya, bisnis smartphone mereka sudah mati suri di Tanah Air tersisa bisnis laptop dan PC kantoran maupun gaming.
 
BACA: Spesifikasi dan Harga 3 Asus ROG Phone 3

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut ini Medcom.id sudah mengumumpulkan beberapa poin penting dari Lenovo Legion Phone Duel dari sisi desain dan spesifikasi hingga fiturnya:
 
1. Desain RGB dan mode horizontal
Lenovo Legion Phone Duel punya desain yang sejak awal dalam posisi horizontal untuk mengikuti gaya gamer menggunakan perangkatnya untuk bermain. Hal ini bisa dilihat dari tampilan bagian belakangnya mulai dari teks dan logo Lenovo Legion.
 
Spesifikasi Lenovo Legion Phone Duel, Pesaing Asus ROG Phone 3
 
Logo Lenovo Legion berupa huruf "Y" di sini juga punya efek RGB yang bisa dikustomisasi warna dan efek menyalanya. Posisi kamera belakang juga ditaruh di area bagian tengah. Jadi tidak akan terhalang jari saat posisi genggaman seperti sedang bermain.
 
2. Qualcomm Snapdrahon 865 Plus dan tiga varian RAM/ROM
Berbeda dari Asus ROG Phone 3 yang punya varian menggunakan chipset Snapdragon 865 Plus dan Snapdragon 865 biasa. Lenovo Legion Phone Duel hanya memiliki perangkat dengan chipset Snapdragon 865 Plus.
 
Lebovo Legion Phone menyediakan tiga varian spesifikasi berdasarkan kapasitas RAM dan memori internal (ROM), di antaranya: 12/128GB, 12/256GB, dan 16/512GB.
 
3. Layar 6,65 inci AMOLED refresh rate 144hz
Lenovo Legion Phone Duel punya layar yang termasuk lebar dengan resolusi Full HD (2340 x1080) dan sudah menggunakan panel AMOLED. Refresh rate yang dibawa langsung ke tingkat tertinggi yaitu 144Hz. Layarnya juga memilimi touch sampling rate 240Hz sehingga sangat responsif.
 
4. Baterai 5.000 mAh dan pengisian cepat 90W
Lenovo Legion Phone Duel cukup unik karena punya kapasitas baterao 5.000 mAh yang terdiri dari dua baterai 2.500 mAh. Lenovo sengaja memisahkan dua baterainya di posisi yang sedikit menjauh dari area genggaman tangan pengguna.
 
Spesifikasi Lenovo Legion Phone Duel, Pesaing Asus ROG Phone 3
 
Tujuannya untuk meredam efek panas. Hal ini juga diklaim Lenovo didukung dual liquid cooling dan pipa tembaga untuk pembuangan suhu panas. Posisi port USB-C untuk charging terletatk di bagian bawah dan samping.
 
Tidak ketinggilana Lenovo Legion Phone Duel juga dilengkapi pengisian cepat baterai dengan daya 90W Turbo Power Charging. Lenovo mengklaim kapasitas bateria bisa tersisi hingga 50 persen dalam waktu 10 menit dna terisi penuh di menit ke-30.
 
5. Kamera depan pop-up di bagian samping dan kamera belakang ganda
Lenovo Legion Phone Duel sengaja membuat kamera depan pop-up di bagian samping. Jadi saat perangkat digunakan bermain game dalam mode horizontal, kamera depannya berfungsi sebagai kamera perekam ekspresi pemain.
 
Jadi pengguna bisa bermain sambil merekam video atau melakukan live streaming seperti game streamer di depan PC.Kamera depan pop-up Lenovo Legion Phone Duel punya kemampuan 20MP yang bisa merekam video 1080p HD atau 4K 30fps.
 
Spesifikasi Lenovo Legion Phone Duel, Pesaing Asus ROG Phone 3
 
Kamera depannya akan otomatis masuk ke bagian dalam saat perangkat mengenali posisinya akan jatuh atau mengalami benturan. Di kamera belakang disediakan kemampuan 64MP dan 16MP.
 
6. Fitur trigger button dan gyroscope
Lenovo Legion Phone Duel juga menyediakan tombol sentuh alias trigger button seperti L1/R1 di stik controller PlayStation. Kemudian ditambahkan tombol yang disebut pressure sensitive. Sayangnya Lenovo di situs resminya tidak menjelaskan detil fitur dan penggunaanya seperti Asus ROG Phone 3 dengan AirTrigger 3. Fitur pendukung bermian game lainnya adalah sensor gyroscope.
 
Spesifikasi Lenovo Legion Phone Duel, Pesaing Asus ROG Phone 3
 
Di posisi miring atau apapun, layar di Lenvo Legion Phone Duel akan tetap mengenali posisi virtual joystick yang melekat di jemari pengguna. Jadi memberikan kontrol yang tetap akurat. Tersediadashborard sekaligus fitur bernama Lenovo Legion Realm yang menyediakan kustomisasi performa perangkat dan launnya yang disesuaikan dengan profil masing-masing game.
 
7. Dukungan 5G dan WiFi 6 dan aksesori penukung
Lenovo Legion Phone Duel juga sudah mendukung koneksi 5G dan WiFi 6. Mereka mengklaim smarpthone gaming pertamanya juga akan hadir dengan beragam aksesori. Sayang sekali Lenovo tidak memberikan informasi detil terkait semua aksesorinya.
 
Lenovo jelas menyediakan informasi yang sedikit untuk smartphone gaming pertamanya. Kemungkinan hal ini diakibatkan Lenovo Legion Phone Duel baru akan dipasarkan di Tiongkok terlebih dahulu sebelum kawasan negara lain. Lenovo Legion Phone Duel dibanderol kisaran Rp8,1 juta varian 12/128GB, Rp8,7 juta untuk 12/256GB, dan Rp12,5 juta di versi 16/512GB.

 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif