Berdasarkan proyeksi Kearney, AI memiliki potensi untuk meningkatkan produk domestik bruto (PDB) Indonesia hingga hampir USD366 miliar pada tahun 2030. Di Indonesia, Telkom, Buma, dan Dana turut mengambil bagian dalam transformasi AI ini.
Ketiganya menyadari kemampuan transformatif AI dan telah mengintegrasikannya ke dalam operasi bisnis mereka untuk mendorong pertumbuhan perusahaan di masa depan. Dalam acara Microsoft Build: AI Day Jakarta baru-baru ini, pengalaman mereka bersama Copilot for Microsoft 365 dan GitHub Copilot mendapatkan sorotan.
Telkom penyedia layanan telekomunikasi terbesar di Indonesia, menyadari bahwa kode pemrograman yang berkualitas merupakan tulang punggung infrastruktur digital perusahaan. Pada pertengahan tahun 2023, mereka mulai menggunakan GitHub Copilot, tool AI untuk developer yang paling banyak diadopsi di dunia, dan menyediakan alat ini bagi 260 developers di dalam perusahaan.
“Data penggunaan tahap awal menunjukkan bahwa developer kami telah menerima 20-30 persen kode pemrograman yang disarankan oleh Copilot. Tingkat penerimaan ini menunjukkan meningkatnya kepercayaan terhadap kapabilitas alat ini. Dengan akurasi dan relevansi kontribusi Copilot, para engineer pun menjadi lebih efisien."
"Tugas-tugas yang dulunya membutuhkan waktu berjam-jam kini membutuhkan waktu yang jauh lebih singkat, sehingga kami dapat menghadirkan perangkat lunak lebih cepat dan merespons permintaan pasar dengan cepat,” jelas Executive Vice President Digital Business & Technology Telkom, Komang Aryasa.
Temuan ini sejalan dengan analisis GitHub terhadap lebih dari 900.000 pengguna GitHub Copilot yang menunjukkan bahwa kode pemrograman yang disarankan mencapai tingkat penerimaan hingga 30%, dan akan terus meningkat seiring dengan semakin terbiasanya para developer dengan alat ini.
Sebagai salah satu kontraktor pertambangan terbesar di Indonesia, Buma memahami pentingnya produktivitas. Tenaga kerja mereka yang berjumlah hampir 12.000 karyawan tersebar di berbagai departemen yang ada di 11 lokasi pertambangan, masing-masing dengan peran dan kebutuhan yang unik. Untuk mengoptimalkan alur kerja dan meningkatkan produktivitas, Buma beralih ke Copilot for Microsoft 365 dan menyediakan alat ini bagi 100 karyawan; memprioritaskan karyawan yang membutuhkan penggunaan alat kolaboratif secara intensif di tahap awal penggunaannya.
“Ini adalah bentuk transformasi yang kita saksikan sekarang, dengan hadirnya alat bertenaga AI di lingkungan bisnis. Serupa dengan bagaimana mesin ketik berevolusi menjadi pengolah kata atau word processors, teknologi Copilot menetapkan standar baru terkait bagaimana kita berinteraksi dengan data dan menjalankan tugas."
"Alat-alat ini tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga meningkatkan kualitas pekerjaan kami secara keseluruhan—mulai dari menyempurnakan rumus dalam spreadsheet hingga memastikan ketepatan tata bahasa dalam dokumen, serta meningkatkan koherensi estetika presentasi,” jelas Edwin Rene Asparsayogi, IT General Manager, Buma.
Dana, perusahaan teknologi finansial Indonesia dengan lebih dari 180 juta pengguna, telah menjadi yang terdepan dalam solusi pembayaran digital. Terbaru, mereka mengintegrasikan kapabilitas AI untuk berinovasi dan mewujudkan visi mencapai inklusi keuangan.
Mengakui kemunculan Generative AI, Norman Sasono, Chief Technology Officer Dana mengatakan, AI dapat memperluas kemampuan individu, meningkatkan produktivitas, dan pada akhirnya membantu mewujudkan pembayaran dan layanan digital yang inklusif.
Dana merupakan salah satu perusahaan pertama yang meluncurkan inisiatif 'AI Everywhere' di Indonesia, dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja dan menghadirkan pembayaran serta layanan digital yang dapat dijangkau oleh semua orang.
Menurut Norman, Copilot for Microsoft 365 telah meningkatkan efisiensi komunikasi di dalam perusahaan secara signifikan. "Saya pribadi telah merasakan manfaat karena berkurangnya waktu yang dihabiskan untuk berurusan dengan email. Dengan efisiensi waktu yang tinggi ini, kami dapat lebih fokus pada perencanaan strategis, sehingga kami dapat mengambil keputusan yang lebih baik dan berkontribusi pada kesuksesan kami.”
Dana baru-baru ini juga memanfaatkan Azure OpenAI Service untuk meningkatkan teknologi chatbot digitalnya, Diana. Implementasi ini telah menghasilkan respons dan prediksi yang lebih akurat, sehingga meningkatkan interaksi dan kepuasan pelanggan, memfasilitasi lebih banyak transaksi keuangan, dan memberdayakan lebih banyak individu untuk berkontribusi pada perekonomian.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News