Ilustrasi. (AFP PHOTO / JOEL SAGET)
Ilustrasi. (AFP PHOTO / JOEL SAGET)

Facebook Tuntut Perusahaan Analitik Korea Selatan

Teknologi media sosial facebook
Ellavie Ichlasa Amalia • 12 Mei 2019 15:49
Jakarta:Facebook menuntut perusahaan analitik Korea Selatan, Rankwave, atas tuduhan menyalahgunakan data pengguna dan menolak permintaan Facebook untuk melakukan audit dan menghapus data pengguna.
 
Tuntutan Facebook pada Rankwave terkait usaha Rankwave membantu perusahaan mendapatkan fitur autorisasi Facebook di aplikasi mereka sehingga perusahaan-perusahaan itu bisa memberikan data pengguna Facebook ke Rankwave, lapor TechCrunch.
 
Rankwave lalu akan menganalisa data pengguna berdasarkan biografi dan perilakunya untuk menampilkan iklan yang lebih sesuai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rankwave juga dianggap menyalah gunakan data pengguna karena mereka menggunakan data pribadi pengguna untuk menentukan "nilai influencer" mereka.
 
Aplikasi Rankwave bisa mengambil berbagai data Anda, seperti lokasi Anda masuk ke akun Facebook serta mengetahui secara detail lokasi Anda.
 
Misalnya, jika Anda masuk ke Facebook di stadium baseball, Rankwave akan dapat membantu para kliennya untuk menampilkan iklan terkait baseball di beranda Anda.
 
Cara kerja Rankwave, menggunakan data pengguna Facebook untuk kepentingan bisnis, serupa dengan apa yang Cambridge Analytica lakukan tahun lalu. Cambridge Analytica memanfaatkan satu kuis kepribadian untuk mendapatkan akses ke jutaan data pengguna Facebook dan jaringan teman mereka.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif