Robot pengantar barang buatan FedEx.
Robot pengantar barang buatan FedEx.

FedEx Ciptakan Robot Pengantar Barang

Teknologi robot
Ellavie Ichlasa Amalia • 02 Maret 2019 13:44
Jakarta:FedEx memperkenalkan robot untuk mengantarkan barang jarak pendek. Beberapa hari lalu, FedEx mengumumkan FedEx SameDay Bot, yang diklaim akan membantu mereka untuk membuat proses barang hingga ke rumah pelanggan dengan lebih efisien.
 
SameDay Bot menggunakan baterai sebagai sumber daya dengan kecepatan maksimal 10 mil per jam. Bot ini otonom, yang berarti ia akan bisa menghindari pejalan kaki dan kendaraan dengan bantuan sensor LIDAR, sama seperti sensor yang digunakan pada mobil otonom, lapor The Verge.
 
FedEx berkata, pada awalnya, mereka akan menggunakan robot ini untuk mengirimkan paket antarakantor di markas besar mereka di Memphis. Namun, untuk menguji robot ini, mereka harus menunggu persetujuan dari pemerintah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika tes ini sukses, mereka akan menawarkan layanan ini ke perusahaan dan para peritel. Pada akhirnya, robot ini akan jadi bagian dari proses pengiriman produk dalam satu hari.
 
FedEx kini tengah berdiskusi dengan beberapa perusahaan, termasuk AutoZone, Lowe's, Pizza Hut, Target, Walgreens, dan Walmart untuk menawarkan layanan jasa pengantaran robot.
 
Rata-rata, ungkap FedEx, lebih dari 60 persen pelanggan dari peritel ini tinggal dalam jarak tidak lebih dari tiga mil, yang masih bisa dicapai oleh robot FedEx.
 
FedEx bukan satu-satunya perusahaan yang mencoba untuk menggunakan robot untuk mengantarkan barang dengan jarak pendek. Beberapa startup dan perusahaan besar telah mencoba untuk melakukan hal yang sama.
 
Masih belum diketahui apakah penggunaan robot secara massal memang akan efektif. Selain itu, hal lain yang harus diperhatikan adalah aspek keamanan.
 
San Francisco adalah tempat pengujian awal para robot pengantar barang ini. Walau pada akhirnya par regulator membatasi pergerakan robot-robot itu karena dianggap mengganggu.
 
Beberapa kota dan negara bagian di Amerika Serikat juga tertarik akan penggunaan robot pengantar barang ini.
 
Ada satu hal yang membuat SameDay Bot berbeda dari pesaingnya. Dalam video komersil yang menunjukkan aksi dari bot ini, Anda bisa melihat bahwa robot tersebut dilengkapi dengan layar pada bagian depan dan belakang sehingga ia bisa berkomunikasi dengan pejalan kaki.
 
Pada layar bagian depan, Anda akan melihat tulisan "helo", sementara pada bagian belakang, akan terlihat arah jalan dari robot dan apakah robot akan berhenti dalam waktu dekat atau tidak.
 

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif