Dua iPhone X Terbaru tak Secanggih iPhone X Tahun Lalu

Cahyandaru Kuncorojati 13 September 2018 07:23 WIB
apple
Dua iPhone X Terbaru tak Secanggih iPhone X Tahun Lalu
iPhone XS Max dan iphone XS.
Jakarta: Apple menggelar acara peluncuran produk terbarunya di markas pusat mereka Cupertino, California.

Tercatat ada tiga iPhone yang diluncurkan, dan sesuai dengan bocoran yang sudah beredar. Apple merilis tiga smartphone terbaru dengan nama iPhone XS dan XS Max, serta XR, yang sayangnya tidak lebih baik dari iPhone X.

Medcom.id yang lebih lama menggunakan Android sempat memuji iPhone X saat berkesempatan mengulas smartphone tersebut. Namun, membandingkannya dengan tiga iPhone yang baru dirilis, rasanya seperti minim inovasi.


iPhone XS dan XS Max akhirnya berganti dari menggunakan panel layar Super AMOLED menjadi OLED, dengan desain edge-to-edge alis bezel tipis serta poni.


Keduanya masih hadir dengan desain iPhone seri sebelumnya. Perbedaan keduanya terletak di ukuran layarnya. Apabila iPhone XS ukuran layarnya 5,8 inci, XS Max 6,5 inci yang tentunya turut menghadirkan ukuran resolusi berbeda.

Menggunakan prosesor terbaru yakni A12 Bionic berbasis 7nm, kedua smartphone ini diklaim mampu mengolah pengoperasian sebanyak 5 triliun perintah per detik. Meningkat pesat dibandingkan A11 Bionic di iPhone X yang hanya mengolah 600 miliar perintah per detik.

Prosesor tersebut disebut mampu menyajikan kecepatan performa yang lebih kencang dengan dukungan varian memori internal yang besar (64/256/512GB). Sementara kapasitas RAM memang sering absen dari presentasi Apple.



Kamera belakangnya masih mengusung spesifikasi yang sama dengan iPhone X, yaitu kamera ganda 12MP+12MP dengan tambahan Smart HDR serta pengaturan intensitas efek Bokeh yang sebenarnya sudah ada di smartphone Android.

Kamera depannya juga masih mengusung resolusi sama dengan iPhone X, 7MP dengan fitur keamanan Face ID serta Animoji dan lain-lain yang berjalan di sistem operasi terbaru iOS 12.



Hal yang ditonjolkan oleh Apple adalah dukungan iPhone XS dan XS Max untuk fitur e-SIM, sebuah chip yang berfungsi sebagai kartu, dan fitur Dual SIM yang diklaim ditujukan bagi konsumen di Tiongkok.

Soal baterainya, Apple hemat bicara. Mereka hanya menyebutkan bahwa iPhone XS tahan setengah jam lebih lama dari iPhone X. Sementara iPhone XS Max tahan satu setengah jam lebih lama dari iPhone X.



Seperti yang sudah disebutkan bahwa iPhone XS dan XS Max hadir dengan tiga varian kapasitas memori internal. Soal harga, iPhone XS dibanderol mulai dari USD999 (Rp14,7 juta) dan XS Max dipatok harga mulai dari USD1.099 (Rp16,2 juta).

Di akhir acara sebaga penutup Apple sempat memberikan presentasi singkat yang ternyata masih ada satu smartphone lagi yang mereka rilis sebagai yaitu iPhone XR.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.