Bodi Pocophone F1 Ternyata Cukup Kuat
Pocophone F1 diuji oleh Youtuber JerryRigEverything. (YouTube)
Jakarta: Pocophone F1 disambut meriah karena menggunakan prosesor tertinggi Qualcomm tapi dibanderol harga paling murah di pasar. Sisi lainnya, desain dan material smartphone ini didominasi bahan yang tidak biasa.

Meskipun desainnya sangat diremehkan, Pocophone F1 memiliki daya tahan yang kuat saat melalui rangkaian pengujian dari YouTuber gadget ternama sekaligus sadis bernama JerryRigEverything.

Dalam video unggahan terbarunya, dia mengaku mendapatkan permintaan banyak sekali untuk menguji daya tahan Pocophone F1 karena materialnya yang didominasi bahan plastik harus diakui banyak menuai rasa cemas ponsel dengan prosesor tercanggih tersebut rentan rusak.


Seperti biasanya, JerryRigEverything melakukan pengujian gores pada layar Pocophone F1 menggunakan alat uji gores materail bernama Moh.

Pocophone F1 mampu bertahan hingga tingkat uji ke-enam dengan mulai meninggalkan goresan dan bekas yang dalam tingkat ke-7.



Menurut JerryRigEverything, lapisan Gorilla Glass pada Pocophone F1 sangat bagus. Lapisan tersebut melindungi kamera depannya juga dan bagian speaker grill earpiece juga terbuat dari material metal.



JerryRigEverything menyebutkan layarnya masih bertahan dari goresan akibat uang logam atau kunci serta silet. Jadi, pengguna Pocophone F1 tidak perlu cemas untuk daya tahan goresan di layar.



Hal yang sama juga masih ditemukan pada lapisan pelindung layar ganda di kamera belakang Pocophophone F1, hingga ke bagian pemindai sidik jari sehingga pengguna bisa merasa tenang.


Namun di bagian sisi Pocophone F1, JerryRigEverything menemukan bahwa material yang digunakan adalah plastik yang dilapisi warna metal, termasuk bagian bawahnya yang bisa tergores bahkan terkelupas menggunakan pisau cutter.



Kondisi tersebut juga ditemukan pada cover bagian belakangnya yang tentu saja sepenuhnya menggunakan material plastik. Menariknya, dalam pengujian dengan ditekan menggunakan tangan Pocophone F1 tidak melengkung dan rusak seperti Oppo Find X yang sempat diuji JerryRigEverything.

Tidak heran apabila dalam paket penjualannya Pocophone F1 hadir dengan aksesoris jelly case ketimbang earphone, paket penjualan yang umum dijumpai pada smartphone buatan Xiaomi.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard: ASUS PRIME Z370-A, MSI X470 Gaming Plus
  • VGA: Colorful iGame GTX 1070 X-TOP-8G, ASUS Strix Vega 64
  • RAM: Apacer Panther RAGE 2400MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Apacer Panther AS340 240GB + Seagate Barracuda 8TB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Mouse: Logitech G903, Logitech G603
  • Keyboard: Logitech G610 Orion, Logitech G613
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.