Apple menolak dorongan European Union untuk menggunakan port charger umum pada perangkatnya.
Apple menolak dorongan European Union untuk menggunakan port charger umum pada perangkatnya.

Apple Tolak Dorongan UE Pakai Charger Ponsel Umum

Teknologi teknologi apple
Lufthi Anggraeni • 25 Januari 2020 10:37
Jakarta: European Union (EU) telah mendorong penggunaan port charger umum untuk ponsel mobile selama lebih dari satu dekade, namun selalu saja ada perusahaan yang menghambatnya, Apple.
 
Pada pekan lalu, European Parliament membuat amandemen rancangan undang-undang yang akan menjadikan penggunaan port charger umum menjadi hal penting bagi ponsel dan perangkat nirkabel lainnya.
 
Pekan ini, Apple merilis tanggapannya terkait amandemen tersebut. Perusahaan berbasis di Cupertino, California ini memperingatkan bahwa charger umum akan menghambat inovasi dan menyulitkan konsumen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk membuktikan pendapatnya, Apple melampirkan laporan penelitian yang menemukan bahwa peralihan ke charger standar tunggal akan mengharuskan produsen mengeluarkan biaya sebesar EUR1,5 miliar (Rp22,5 triliun).
 
Biaya ini jauh lebih besar dari prediksi keuntungan lingkungan yang akan diperoleh produsen sebesar EUR13 juta (Rp195,06 miliar). Sebagai informasi, Apple telah melakukan transisi untuk sebagian perangkatnya ke port USB-C, seperti pada iPad Pro dan MacBook.
 
Sementara itu, dua model iPhone 11 Pro hadir dengan charger USB-C, meski membutuhkan kabel USB-C ke Lightning untuk dapat terhubung ke ponsel. Sejauh ini, seluruh rumor bahwa iPhone akan berbekal port USB-C telah terbukti salah.
 
Namun, European Commission (EC) akan menerbitkan penelitian karyanya terkait dampak dari charger umum di akhir bulan Januari atau awal bulan Februari mendatang. Saat ini, EC tengah mempertimbangkan cara terbaik untuk menciptakan legislasi terkait keharusan menggunakan charger umum.
 
Sebelumnya, Apple iPhone 11 memperoleh nilai pengujian kamera DxOMark secara keseluruhan sebesar 109, mengalahkan iPhone XS Max baik di pengujian dalam kategori foto dan video. Nilai ini juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan iPhone XR.
 
Jika dibandingkan dengan smartphone unggulan Apple generasi saat ini, nilai video iPhone 11 mengusung selisih 1 poin dari nilai iPhone 11 Pro, sebab keduanya berbekal fitur identik dan kualitas gambar serupa.
 
Sementara itu, rumor yang berkembang menyebut bahwa iPad Pro dengan dukungan jaringan 5G akan dirilis pada tahun 2020 ini. Berdasarkan informasi dari rantai pemasok, Taiwan Advanced Semiconductor Engineering tengah bersiap untuk memasok teknologi antenna dalam kemasan untuk tablet baru berteknologi 5G.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif