MIT gaet IBM untuk kembangkan GANpaint Studio.
MIT gaet IBM untuk kembangkan GANpaint Studio.

MIT dan IBM Ciptakan AI yang Dapat Buat dan Edit Foto

Teknologi kecerdasan buatan
Ellavie Ichlasa Amalia • 02 Juli 2019 16:22
Jakarta:Membuat dan mengedit gambar digital terkadang membutuhkan waktu hingga berjam-jam. Peneliti MIT dan IBM ingin mengubah hal itu.
 
Mereka meneliti AI untuk membuat foto dari nol. Tidak hanya itu, AI tersebut juga dapat mengedit obyek pada gambar. AI ini akan bermanfaat bagi seniman dan desainer. Tidak hanya itu, peneliti juga ingin AI bisa memahami konteks dan belajar mengenali gambar yang telah diubah atau gambar palsu, lapor Engadget.
 
Alat yang dinamai GANpaint Studio ini bisa dicoba secara gratis. Untuk mengedit gambar, Anda tidak perlu menambahkan sebuah objek, misalnya pohon, ke dalam gambar secara manual.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagai gantinya, Anda cukup memberitahukan objek apa yang hendak Anda masukkan dan AI akan memilih objek yang dianggap sesuai.
 
Selain itu, Anda juga akan bisa menghapus objek yang ada dalam foto. Misalnya, dalam foto dapur, Anda bisa menghapus kursi. Saat ini, AI ini masih belum sempurna. Namun, para pengembang berharap, GANpain Studio akan bisa digunakan untuk mengedit video di masa depan.
 
Ketika mengembangkan GANpaint Studios, para peneliti cukup terkejut ketika mereka menemukan bahwa AI dapat memelajari peraturan sederhana terkait hubungan antar objek. Contohnya, AI bisa tahu bahwa pintu tidak seharusnya terletak di langit.
 
AI ini menggunakan GAN, jaringan syaraf yang dikembangkan untuk saling beradu, ia harus memiliki penjelasan internal ketika ia hendak mengambil keputusan, seperti alasan mengapa awan tidak seharusnya muncul di tanah. Ini bisa membantu peneliti mengerti cara kerja jaringan syaraf dalam memelajari konteks.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif