NEWSTICKER
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Kartu Grafis Misterius AMD Salip Performa NVIDIA RTX 2080 Ti

Teknologi teknologi amd hardware
Cahyandaru Kuncorojati • 13 Januari 2020 13:50
Jakarta: Menyoal kompetisi kartu grafis AMD dan NVIDIA, banyak publik yang sudah mengetahui bahwa NVIDIA unggul dari sisi performa tapi AMD selalu hampir bisa mengejarnya dengan lebih unggul dari sisi harga.
 
Di CES 2020 kemarin AMD mengumumkan empat unit kartu grafis terbaru yang bisa membuat posisi mereka aman dari ancaman kartu grafis kelas entry level dari NVIDIA. Kini beredar rumor AMD berhasi menyalip performa kartu grafis terbaik NVIDIA.
 
Dikutip dari TweakTown, beredar bocoran performa dari sebuah kartu grafis misterius milik AMD yang mampu menyalip performa dari NVIDIA GeForce RTX 2080 Ti yang berasal dari kelas high-end GPU. Performa tersebut dilaporkan muncul dalam database pengujian OpenVR Benchmark.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Data tersebut memperlihatkan bahwa GPU berbasis AMD Radeon Graphics dengan prosesor yang tidak diketahui bisa menghasilkan skor frame rate sebesar 103,32 di resolusi 1512x1680 menggunakan headset HTC Vive MV refresh rate 90Hz.
 
Kartu Grafis Misterius AMD Salip Performa NVIDIA RTX 2080 Ti
 
Data lain yaitu NVIDIA GeForce RTX 2080 Ti dengan resolusi dan headset VR yang sama hanya mencapai skor 88.10 berbekal prosesor Intel Core i7-8700K. Laporan dari Techspot menyebutkan bahwa kemampuan kartu grafis AMD tersebut menggunakan prosesor AMD Ryzen 7 4800H versi engineering sample.
 
Penelusuran menyebutkan bahwa prosesor tersebut memiliki GPU built-in alias terintegrasi. Melihat GPU atau kartu grafis di database OpenVR Benchmark terbaca sistem sebagai AMD Radeon Graphics muncul dugaan bahwa kartu grafis yang diuji bukan model diskrit.
 
Selama ini kartu grafis diskrit akan terbaca di sistem platform pengujian sebagai AMD Radeon RX termasuk GPU yang belum dirilis, klaim situs tersebut. Hal ini mendorong munculnya dugaan bahwa AMD juga sedang berfokus menyiapkan kartu grafis high-end untuk menyalip NVIDIA.
 
Di CES 2020, CEO AMD yaitu Dr. Lisa Su menyatakan bahwa mereka akan merilis kartu grafis high end terbaru di akhir 2020. Namun, Lisa seperi biasanya tidak pernah mau menanggapi rumor seperti kabar saaat ini.
 
AMD telah mengumumkan kehadiran tiga varian kartu grafis AMD Radeon RX 5600 Series dan satu AMD Radeon RX 5700M. Ditambah mereka juga mengumumkan kehadiran AMD Ryzen 4000 Series versi mobile yang diklaim sebagai prosesor mobile atau laptop dengan jumlah core/thread terbanyak saat ini.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif