Instagram mengumumkan dua inisiatif untuk membantu pebisnis kecil menengah bertahan di tengah pandemi.
Instagram mengumumkan dua inisiatif untuk membantu pebisnis kecil menengah bertahan di tengah pandemi.

Instagram Beri Pelatihan Gratis untuk Hadapi Pandemi

Teknologi teknologi instagram
Lufthi Anggraeni • 04 Mei 2020 13:28
Jakarta: Instagram meluncurkan dua inisiatif untuk membantu pelaku bisnis di Indonesia, terutama di bidang kuliner, dalam membangun strategi pemasaran yang sesuai sehingga dapat meningkatkan penjualan mereka.
 
“Di masa sulit seperti ini, setiap penjualan begitu berarti, terutama bagi pelaku usaha kecil dan menengah. Kami ingin membantu mereka agar tidak patah semangat dalam mempertahankan bisnis mereka dan terhubung dengan pelanggan,” ujar Head of Market Operations Instagram APAC Kaylie Smith.
 
Inisiatif tersebut berupa fitur yang mempermudah bisnis kuliner untuk mengajak pelanggan memesan makanan atau minuman yang mereka pasarkan. Pengguna akun bisnis Instagram akan menemukan opsi stiker Pesanan Makanan di Stories guna menautkan bisnis di aplikasi mitra pengantar makanan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan stiker ini, pengikut akun bisnis akan dapat mengetuk tulisan Pesan sehingga dapat melakukan pemesanan di aplikasi layanan pesan antar. Instagram menyebut bahwa saat ini, pengguna akun bisnis baru dapat menautkan bisnis di layanan GrabFood.
 
Namun, jejaring sosial yang dinaungi Facebook ini juga menyebut bahwa pihaknya akan menambah mitra layanan pesan antar tersebut secara berkala, sehingga tidak hanya pemilik bisnis, pengguna Instagram pun akan memiliki lebih banyak pilihan.
 
Instagram berharap kehadiran stiker ‘Pesanan Makanan’ ini dapat memberi kemudahan untuk masyarakat Indonesia dalam berinteraksi, serta membantu bisnis kuliner favorit mereka di platform media sosial miliknya.
 
Selain itu, Instagram juga memberikan pelatihan gratis guna membantu pebisnis kecil dan menengah dalam menyesuaikan strategi pemasaran di tengah pandemik Covid-19. Pelatihan ini merupakan hasil kerja sama Instagram dengan Kreavi.
 
Melalui kemitraan ini, Instagram kembali menghadirkan program Akademi Instagram, yang akan dilakukan secara virtual. Akademi Instagram tersebut akan mengusung kurikulum yang dirancang sesuai dengan tantangan-tantangan yang tengah dihadapi pebisnis saat ini.
 
Peserta Akademi Instagram #dirumahaja akan menerima pelatihan jarak jauh dan dari rumah masing-masing, serta akan menerima ilmu pengetahuan dari sejumlah pakar dengan topik terkait cara mengelola bisnis di tengah pandemi.
 
Selain itu, peserta juga akan dibekali ilmu kreatif dalam membangun komunikasi dengan pelanggan via visual dan copywriting. Program Akademi Instagram #dirumahaja ini akan disiarkan secara terbuka di akun Facebook milik Kreavi dari tanggal 8 Mei hingga 10 Mei 2020.
 
Melalui Akademi Instagram #dirumahaja, Facebook dan Instagram menargetkan dapat menjangkau hingga lebih dari 5.000 pelaku UMKM di Indonesia dan 30 persen topik yang akan dibahas oleh pakar dedikasikan Instagram untuk pelaku di ranah bisnis kuliner.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif