Grab mengumumkan lima finalis dalam program Grab Ventures Velocity angkatan ketiga.
Grab mengumumkan lima finalis dalam program Grab Ventures Velocity angkatan ketiga.

Grab Umumkan 5 Finalis Program GVV Angkatan 3

Teknologi teknologi grab startup
Lufthi Anggraeni • 18 Mei 2020 18:31
Jakarta: Grab mengumumkan lima finalis startup terpilih dalam program Grab Ventures Velocity (GVV) Angkatan 3 untuk kategori Program Dukungan Usaha Kuliner. Empat startup berasal dari Indonesia dan satu dari Singapura.
 
"Melalui bimbingan dari GVV Angkatan 3, kami berupaya untuk dapat membina startup agar dapat bertahan dan membangun bisnis yang kuat terhadap dampak seperti saat pandemi ini," ujar Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi.
 
Grab meyakini bahwa teknologi dapat memberikan dampak yang sangat besar kepada sektor UKM di bidang makanan dan minuman khususnya selama pandemi ini. Dan Grab menyebut bahwa pihaknya memilih lima startup tersebut atas penilaian menyoal keahlian mereka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Keahlian di berbagai sektor seperti manajemen keuangan, solusi kebersihan, branding, pemasaran, dan solusi tenaga kerja ini dinilai akan bermanfaat dalam mendukung UKM di bidang makanan dan minuman di Indonesia di masa mendatang.
 
Empat startup berasal dari Indonesia tersebut yaitu Luna POS, KliknClean, Printerous dan GetCraft, sedangkan satu startup asal Singapura yaitu Workmate menjadikan Indonesia sebagai pasar utamanya. Sementara itu, sekitar 80 persen startup di Asia dan juga 60 persen usaha kuliner di Indonesia telah terkena dampak negatif dari peristiwa pandemik Covid-19 ini.
 
Kondisi ini telah menjadikan GVV untuk menyesuaikan fokusnya ke satu jalur yaitu Program Dukungan Usaha Kuliner dari tema besar “Memberdayakan Pengusaha Mikro” dan memilih startup yang dapat mendukung operasional usaha kuliner dan membantu mereka dalam mempertahankan bisnisnya dengan teknologi.
 
Melalui program ini, Grab dengan pemahaman terhadap alur pertumbuhan startup bertujuan untuk berbagi ilmu pengetahuannya. Dan di tengah pandemi, startup harus bekerja ekstra untuk dapat memberikan penawaran terbaik kepada target konsumennya.
 
Dalam program yang dilakukan secara virtual ini, kelima startup terpilih akan memperoleh bimbingan guna memperkuat model bisnis mereka di tengah pandemi. Selama program tersebut, startup terpilih akan menguji layanan yang ditawarkan ke basis merchant GrabFood.
 
Merchant yang tertarik dapat mendaftarkan diri kepada Grab untuk kemudian disambungkan kepada layanan dari startup tersebut. Layanan ini diharapkan dapat membantu merchant dalam meningkatkan kinerja, sekaligus mengurangi biaya operasional.
 
Program GVV akan berlangsung selama 16 minggu, setelahnya, kelima startup akan melakukan pitching kepada Grab. Startup yang berhasil berpeluang untuk berkolaborasi dengan Grab dalam bentuk kemitraan komersial.
 
Dalam melakukan mentorship GVV Angkatan 3, Grab juga berkolaborasi dengan CoHive sebagai venue partner.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif