(kiri-kanan) Chief Technical Officer 3 Indonesia Desmond Cheung, Chief Commercial Officer 3 Indonesia Dolly Susanto, dan Presiden Direktur 3 Indonesia, M. Danny Buldansyah.
(kiri-kanan) Chief Technical Officer 3 Indonesia Desmond Cheung, Chief Commercial Officer 3 Indonesia Dolly Susanto, dan Presiden Direktur 3 Indonesia, M. Danny Buldansyah.

Tri Kenalkan 4,5G, Klaim Kecepatan 8 Kali Lebih Tinggi

Teknologi telekomunikasi tri
Cahyandaru Kuncorojati • 12 Februari 2020 15:51
Jakarta:Hutchinson 3 (Tri) Indonesia hari ini memperkenalkan kualitas koneksi 4,5G.
 
Presiden Direktur 3 Indonesia, M. Danny Buldansyah menyatakan bahwa perkenalan 4,5G adalah bentuk dukungan kepada Indonesia menyediakan internet untuk mendukung kemajuan Tanah Air. Caranya dengan meningkatkan kecepatan dan jangkauan internet dari Tri.
 
"Kita sekarang sudah menjangkau 200 juta penduduk di 300 kabupaten, 3.000 kecamatan, dan 33.000 desa di seluruh Indonesia. Tahun ini Indonesia memiliki bonus demografi karena ada 66 juta juta anak muda usia 10-24 tahun," ujar Danny.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Danny menilai kalangan ini sangat dekat dan mengandalkan internet. Kualitas layanan internet yang lebih baik bisa mendukung mereka berkontribusi kepada kemajuan Indonesia. 4,5G dihadirkan Tri dari peningakatan layanan di 2019.
 
Ada 9.000 BTS (Base Transceiver Station) yang dibangun Tri sepanjang 2019 dan jumlah keseluruhannya hingga saat ini menjadi 27 ribu BTS tersebar di Indonesia. Meskipun begitu Tri ternyata belum menyentuh kawasan Indonesia Timur seperti Kepulauan Maluku, NTT dan NTB, serta Papua.
 
Berapa kecepatan koneksi yang ditawarkan 4,5G dari Tri? Sayangnya, Tri tidak mengungkapkan kecepatan unggah maupun unduh di atas kertas, misalnya berapa megabit per detik
 
Mereka mengklaim koneksi 4G dari teknologi 4,5G adalah delapan kali lipat lebih cepat dari 4G yang pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2016.
 
Chief Technical Officer 3 Indonesia, Desmond Cheung menyebutkan bahwa koneksi 4,5G mereka mengaplikasikan teknologi Massive MIMO 32T32R. Efeknya BTS dari Tri bisa menyediakan kecepatan lebih juga jangkauan lebih luas.
 
"Kami juga telah memasang sumber daya listrik cadangan di semua BTS dan teknologi pemindahan jalur yang disebut ASON pada jaringan fiber kami yang terus bertambah," tutur Desmond.
 
"Artinya jaringan Tri Indonesia dapat beroperasi lebih lama pada saat bencana alam atau situasi darurat lainnya seperti mati listrik atau gempa bumi," imbuhnya.
 
Demi bisa mendekati target audiens mereka yaitu kalangan muda Tanah Air. Chief Commercial Officer 3 Indonesia, Dolly Susanto menyebutkan akan terus memperkuat prestasi Tri sebagai operator pertama yang bekerja sama dengan Amazon Prime Video dengan fitur pembayaran potong pulsa.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif