Fasilitas logistik ini mengintegrasikan otomasi dan Artificial Intelligence (AI) untuk mendukung layanan FAS dan Fulfillment by Blibli (FBB), dirancang untuk menghadirkan keandalan end-to-end. Penerapan smart logistics ini mencakup pengelolaan inventori real-time menggunakan proses First In, First Out (FIFO) / First Expired, First Out (FEFO), dan standar proses logistic fullfilment yang membuat proses inbound dan outbound menjadi empat kali lebih cepat.
Bayu Sudjono, Group Head of Supply Chain Blibli, menyatakan bahwa Gudang Marunda merupakan investasi strategis untuk memperkuat fondasi rantai pasok nasional dan menghadirkan jaringan fulfillment yang andal bagi brand dan seller. Komitmen ini, didukung oleh integrasi teknologi dan green logistics, menjamin mitra dapat melakukan scaling dengan kepastian operasional, khususnya pada periode puncak seperti Harbolnas 12.12.
Dari sisi keberlanjutan, Gudang Marunda mengimplementasikan desain green building, dengan pembangunan yang ramah lingkungan. Prinsip keberlanjutan diterapkan mulai dari penggunaan material, pemanfaatan penerangan alami, tangki penampungan air hujan, hingga pengelolaan limbah operasional.
Gudang ini juga mendukung inisiatif Green Delivery Blibli, yang merekomendasikan layanan pengiriman menggunakan kendaraan listrik untuk pemesanan instant delivery dengan jarak maksimal 10 kilometer dari lokasi pick up.
Keandalan operasional Gudang Marunda diperkuat dengan sertifikasi ISO 27001 untuk keamanan informasi. Selain itu, fasilitas ini telah memperoleh Sistem Jaminan Halal (HAS 23000) dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama.
Alvin Hadibowo, Director of FAS, menambahkan bahwa Gudang Marunda memperkuat operasional fulfillment berbasis teknologi yang dijalankan FAS, memastikan kecepatan, akurasi, dan reliabilitas operasional.
FAS, sebagai layanan all-in-one business enabler B2B2C, mendukung operasional brand dari hulu ke hilir, terhubung dengan sistem berbasis AI dan ML (Machine Learning). Integrasi layanan FAS menunjukkan dampak nyata, dengan pertumbuhan pesanan kategori kecantikan naik hingga 145% dalam lima bulan, proses fulfillment FMCG berjalan 70% lebih cepat, dan penurunan cancellation rate sebesar 35%.
Integrasi Gudang Marunda dengan seluruh fasilitas warehouse Blibli di Indonesia menjadi pilar penting bagi brand dan seller, memastikan mitra dapat melakukan scaling dengan percaya diri dan berkontribusi langsung pada penguatan rantai pasok nasional.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News