Pertandingan antara Open AI Five dengan manusia. (OpenAI)
Pertandingan antara Open AI Five dengan manusia. (OpenAI)

AI Menangkan 7.215 Pertandingan DOTA 2 Lawan Manusia

Teknologi games kecerdasan buatan
Ellavie Ichlasa Amalia • 24 April 2019 16:03
Jakarta:Sejak 18 April sampai 21 April, semua pemain DOTA 2 bisa mencoba untuk melawan bot buatan OpenAI, yang berhasil mengalahkan tim profesional dunia dalam dua pertandingan berturut-turut.
 
Hasilnya, bot itu mengalahkan hampir semua pemain yang mencoba untuk melawannya. Ia memenangkan 7.215 pertandingan dengan persentase kemenangan 99,4 persen.
 
Ia hanya kalah 42 kali selama tiga hari. Sepuluh pertandingan dimenangkan oleh satu tim. Namun, hanya ada tiga tim yang bisa mengalahkan bot itu dalam tiga pertandingan berturut-turut, menurut laporan Engadget.

OpenAI adalah lembaga nirlaba yang didirikan Elon Musk. Bot buatan OpenAI bernama OpenAI Five, karena ia hanya dapat melawan pemain manusia dalam pertandingan lima lawan lima. Bot tersebut merupakan sistem machine learning yang telah mempelajari pertandingan yang dimainkan pemain manusia selama 180 tahun. Ia juga bisa terus belajar dari pertandingan yang ia lakukan. Dalam kompetisi kali ini, ia memainkan game dengan durasi 10,7 tahun.
 
Menurut laporan VentureBeat, ini adalah demonstrasi publik terakhir dari OpenAI Five. Meskipun begitu, bukan berarti bot ini akan berhenti dikembangkan. OpenAI masih akan terus mengembangkan bot buatan mereka. Tujuannya bukan lagi untuk mengalahkan pemain DOTA 2, tapi untuk mengaplikasikan kemampuan yang bot itu dapatkan di bidang lain.
 
"Game kini menjadi benchmark dalam penelitian AI. Game strategi kompleks adalah pencapaian yang kita usahakan untuk gapai karena ia menangkap berbagai aspek dalam kehidupan nyata," kata CTO OpenAI, Greg Brockman.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif