Gigabyte Aorus Xtreme Z390 untuk Intel Core i9

Cahyandaru Kuncorojati 28 Oktober 2018 11:03 WIB
hardwaregigabyte
Gigabyte Aorus Xtreme Z390 untuk Intel Core i9
Gigabyte Aorus Xtreme Z390.
Jakarta: Gigabyte mengumumkan kehadiran Aorus Xtreme Z390 untuk mendukung performa  Intel Core i9-9900K.

Gigabyte Aorus Xtreme Z390 yang hadir dengan tampilan cover metal berukuran besar untuk menyajikan manajemen thermal atau suhu dari komponen di motherboard. Untuk unsur estetika, motherboard ini juga dilengkapi permainan LED RGB di beberapa cover serta backplate.

Aorus Extreme Z390 ditenagai 16 hase Digital IR VRM dan 24-pin connector untuk menyediakan pasokan daya kebutuhan overclocking. Hadir dengan pasokan daya besar juga harus dibarengi dengan sistem pembuangan panas yang baik. Hal ini ditonjolkan dari desain heatsink serta heatpipe yang besar.


Heatsink motherboard ini hadir dengan teknologi Direct Touch Heatpipe yang menerapkan empat heatpipe untuk meningkatkan perpindahan panas ke heatsink dengan desain Fins-Array, Ini memiliki luas permukaan disipasi panas tiga kali lebih banyak ketimbang heatsink standar, ditambah desain berlapis.


Terkait kebutuhan overclocking, Aorus Xtreme Z390 langsung menyediakan tombol dedicated untuk Power dan mode OC Touch di atas PCB termasuk tombol restart dan Clear CMOS. Di dalam BIOS motherboard ini juga tersedia beragam fitur untuk menyediakan pilihan konfigurasi overclokcing yang bisa diaktifkan kapan saja lewat tombol OC Touch.

Mengusung form factor ATX, Aorus Xtreme Z390 menyediakan empat slot kartu RAM DDR4 dengan kapasitas maksimal 64GB dan mendukung fitur dual channel memory serta kecepatan frekuensi hingga 4266MHz dalam mode OC serta Extreme Memory Profile.

Sementara di slot ekspansi PCIe tersedia tiga slot PCIe x16 yang salah satunya berjalan di mode x8 dan x4 kemudian ada dua slot PCIe x1 dan satu slot M.2 untuk memasang modul wireless Intel CNVi.

Ketiga slot PCIe x16 dapat mendukung fitur 2-Way NVIDIA SLI sekaligus 2-Way atau 3-Way AMD CrossFire.

Pada opsi dukungan memori internal atau storage, motheboard ini juga menyediakan enam port SATA 6Gbps dan enam slot M.2 Gen3 yang mendukung Inel Optane Memory. Selain itu, I/O Port di bagian backpanel Aorus Xtreme Z390 juga tergolong lengkap untuk kelas tertinggi.

Disediakan dua port USB Type-C Thunderbolt, empat port USB 3.1 Gen2 Type-A, dua port USb 3.1 Gen1, dua port USB 2.0. Ditamabah ada dua konektor untum antena modul WiFi, port RJ-45, dan satu port HDMI sementara di sisi audio tersedia lima audio jack.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.