Konferensi pers Xiaomi di Jakarta, Selasa 6 November 2018
Konferensi pers Xiaomi di Jakarta, Selasa 6 November 2018

Untuk Indonesia, Xiaomi Utamakan Pendapat Komunitas

Teknologi teknologi xiaomi
Mohammad Mamduh • 07 November 2018 11:08
Jakarta: Xiaomi memang melihat Indonesia sebagai pasar utama di luar Tiongkok setelah India. Hal ini mereka buktikan dengan merilis cukup banyak smartphone dalam setiap kuartal.
 
Selain smartphone, mereka melihat minat terhadap perangkat lain juga semakin tumbuh. Karena itulah Xiaomi membawa beberapa produk anyar berikutnya, seperti TV dan kamera pengawas pintar.
 
Dalam konferensi pers peluncuran Redmi Note 6 Pro dan Mi 8 Lite yang digelar di Jakarta, Selasa 6 November 2018, Xiaomi menyebutkan produk yang dirilis untuk Tanah Air bergantung pada masukan pengguna.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam hal ini, mereka memperhatikan semua saran dan kritik dari komunitas Mi Community, yang memang cukup besar di Indonesia. “Kita bawa Pocophone ke Indonesia juga karena antusiasme komunitas,” kata Country Manager Xiaomi Indonesia Steven Shi.
 
Ia menjelaskan, saat ini Xiaomi punya 32 Mi Community di seluruh Indonesia. Dari situ ia juga melihat antusiasme untuk mencoba dan membeli produk Xiaomi selain smartphone. Langkah awalnya, Xiaomi memasarkan Mi TV 4A dalam dua ukuran.
 
“Dari masukan ini, kami tentukan model yang cocok untuk pasar Indonesia. Ke depannya, kita berencana akan membawa lebih banyak produk.”
 
Antusiasme komunitas sangat terlihat dari setiap gelaran acara Xiaomi di Jakarta. Xiaomi mengundang mereka untuk melihat langsung peluncuran produk, yang dibalas dengan semangat mereka saat berada di dalam ruangan.
 
Bukan hanya sekali, Mi Fans, sebutan untuk anggota Mi Community, tak ragu untuk berteriak saat presentasi Xiaomi di panggung menampilkan harga, atau salah satu fitur canggih yang diklaim tidak ada di produk pesaing.
 
Komunikasi Xiaomi dan Mi Community yang sangat intensif sudah terjalin lama sejak Xiaomi belum memasarkan ponsel. MIUI menjadi pintu kelahiran komunitas ini.
 
Selain acara peluncuran, Mi Community juga punya agenda di wilayah sendiri yang bisa mempererat hubungan antar anggotanya. Xiaomi juga sangat terbuka dengan masukan mereka, terbukti dengan berbagai fitur yang ada di MIUI, termasuk pilihan Bahasa Indonesia.
 
Selain dua smartphone, dalam peluncuran kemarin mereka juga mengumumkan Mi Home Security Camera 360. Jika melihat e-commerce, kamera pengawas pintar ini sudah dipasarkan secara tidak resmi.
 
Xiaomi tampaknya sadar akan hal itu, dan memastikan bahwa semua konsumen yang tertarik membelinya, mendapatkan layanan purna jual yang sama. Secara tidak langsung, mengumumkan Mi Home Security Camera 360 sebagai salah satu strategi Xiaomi dalam mengurangi peredaran produk tidak resmi mereka di Indonesia.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif