Ilustrasi.
Ilustrasi.

Telkomsel dan Smartfren Menang Lelang, Siap Gelar 5G

Teknologi teknologi telekomunikasi
Cahyandaru Kuncorojati • 27 April 2021 10:35
Jakarta: Kementerian Kominfo beberapa waktu lalu mengumumkan hasil seleksi lelang frekuensi radio 2,3GHz yang rencananya dialokasikan sebagai penyedia jaringan 5G. Pengumuman terbaru ini menggantikan hasil seleksi sebelumnya yang dibatalkan pihak Kominfo pada bulan Januari lalu.
 
Di situs resmi Kominfo disebutkan bahwa pihak Telekomunikasi Selular atau Telkomsel dan Smart Telecom berhasil menjadi pemenangnya. Telkomsel berhasil meraih dua blok yaitu A dan C dengan harga lelang masing-masing Rp176,9 miliar sementara Smartfren mendapatkan blok B dengan penawaran Rp176,5 miliar.
 
Lelang frekuensi 2,3 Ghz yang dilakukan dibagi menjadi tiga blok pada rentang 2360-2390 MHz dengan lebar kapasitas masing-masing 10MHz. Kapasitas ini akan dimanfaatkan operator seluler untuk meningkatkan kapasitas layanan dan implementasi teknologi jaringan 5G.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meskipun begitu Kementerian Kominfo menyatakan tahap seleksi belum selesai sepenuhnya. Mereka akan dinyatakan memenangkan lelang apabila sudah diterbitkan Keputusan Penetapan Pemenang Seleksi oleh Kementerian Kominfo.
 
Di bulan Januari lalu Kementerian Kominfo menyatakan pembatalan hasil seleksi lelang yang berhasil dimenangkan tiga operator seluler yaitu Telkomsel, Smartfren, dan hutchison 3 (Tri). Saat itu ketiganya menawarkan nilai lelang masing-masing mencapai Rp114,867 miliar.
 
Namun Kementerian Kominfo membatalkannya dengan alasan untuk memenuhi unsur kehati-hatian dan kecermatan. Mereka mengklaim ingin proses seleksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan terkait PNBP di Kominfo, salah satunya PP no. 80 Tahun 2015.
 
(ADM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif