Google mengumumkan kemampuan unggah foto dan video di Google Photos secara bebas tidak lagi akan tersedia.
Google mengumumkan kemampuan unggah foto dan video di Google Photos secara bebas tidak lagi akan tersedia.

Google Photos Berhenti Upload Gratis per 1 Juni 2021

Teknologi teknologi google
Lufthi Anggraeni • 13 November 2020 10:58
Jakarta: Salah satu fitur utama Google Photos adalah kemampuan mengunggah video dan foto tanpa batas secara gratis, serta backup dalam format terkompresi. Google kini mengumumkan bahwa fitur ini tidak lagi tersedia mulai tanggal 1 Juni 2021.
 
Mengutip GSM Arena, mulai 1 Juni tahun depan, file yang diunggah ke Google Photos akan dibebankan pada ruang penyimpanan default berkapasitas 15GB, yang didapatkan pengguna setiap kali membuat akun Google baru.
 
Jika pengguna berlangganan Google One, maka file yang diunggah akan dibebankan pada kapasitas ruang penyimpanan default tersebut. Sebelumnya, hanya gambar yang diunggah dalam format tidak terkompresi dan dalam preset kualitas Original akan dibebankan pada ruang penyimpanan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangkan gambar yang diunggah dalam preset kualitas tinggi terkompresi tidak dibebankan pada ruang penyimpanan lain. Dan mulai tanggal 1 Juni, seluruh gambar akan diperlakukan setara, namun terdapat sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan.
 
Seluruh gambar yang diunggah sebelum tanggal 1 Juni 2021 tidak akan dihitung. Perubahan ini hanya diaplikasikan pada gambar yang diunggah setelah tanggal tersebut. Hal ini tidak berarti pengguna harus segera melakukan pembayaran pada tanggal 1 Juni 2021 mendatang.
 
Jika pengguna tidak menggunakan ruang penyimpanan berkapasitas 15GB yang tersedia untuk seluruh akun Google, makan pengguna dapat tetap mengunggah hingga kapasitas tersebut penuh. Setelah penuh, pengguna harus memilih untuk berlangganan pada salah satu paket Google One jika berencana untuk terus mengunggah.
 
Namun, jika pengguna tidak aktif pada layanan selama lebih dari dua tahun atau telah melebihi batas ruang penyimpanan untuk lebih dari dua tahun, Google mungkin akan menghapus konten di berbagai layanan Google.
 
Bagi pengguna ponsel Pixel, pengguna akan terus mendapatkan kemampuan backup tanpa batas dan gratis untuk foto dan video dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Dan pada bulan Juni 2021, Google akan menawarkan alat yang memungkinkan pengguna mengelola foto dan video yang di backup dan memilih konten yang ingin dihapus.
 
Alat ini akan secara otomatis menggarisbawahi konten seperti foto gelap atau buram, atau video berukuran besar yang mungkin tidak ingin disimpan. Perubahan ini akan berlaku kepada seluruh pengguna Google Photos di seluruh platform, termasuk Android, iOS dan desktop.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif