Platform edukasi Nona meluncurkan aplikasi kalendar siklus menstruasi, bertajuk Nona Woman.
Platform edukasi Nona meluncurkan aplikasi kalendar siklus menstruasi, bertajuk Nona Woman.

Nona Woman, Aplikasi Mobile Bantu Pantau Siklus Menstruasi

Teknologi aplikasi
Lufthi Anggraeni • 26 November 2021 16:11
Jakarta: Nona resmi meluncurkan aplikasi kalendar siklus menstruasi, ditujukan agar pengguna perempuan dapat kembali selaras dengan perubahan hormonal sepanjang siklus menstruasi dan memahami kebutuhan tubuh.
 
Melalui platform Nona, saya berharap perempuan Indonesia bisa mendapatkan komunitas dan support system baru, serta dapat saling bertukar informasi dan pengalaman sehingga kita tidak merasa sendirian,” ujar Co-Founder of Nona Nicole Jizhar.
 
Aplikasi kalendar menstruasi ini dapat pengguna manfaatkan untuk memantau siklus menstruasi, mengidentifikasi pola yang terjadi dalam tubuh, memahami dan memelihara tubuh serta berbagi cerita juga pengalaman dengan sesama perempuan di Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis oleh pengguna iOS dan Android. kehadiran aplikasi ini didasarkan pada servey yang menyebut bahwa satu dari tiga perempuan di Indonesia mengalami period poverty.
 
Sebagai informasi, period poverty merupakan kesulitan akses untuk mendapatkan produk kebutuhan menstruasi, fasilitas yang aman dan higienis, serta akses pengetahuan mengenai menstruasi.
 
Period poverty ini disebabkan oleh kurangnya distribusi pengetahuan dan pemahaman terkait menstruasi atau kesehatan perempuan karena tidak disosialisasikan secara komprehensif di sekolah maupun di lingkungan sosial.
 
Akibatnya, banyak perempuan muda enggan pergi ke sekolah atau tempat kerja, karena mengalami nyeri menstruasi parah dan tidak pernah diajarkan cara mengatasinya. Dalam jangka panjang, hal ini dapat memperparah ketidaksetaraan gender yang terjadi di lingkungan sosial.
 
Selain via aplikasi, Nona telah berpartisipasi secara aktif dalam mendistribusikan pengetahuan terkait kesehatan perempuan via media sosial Instagram. Melalui jejaring sosial yang dinaungi Meta tersebut, Nona membagikan konten bersifat kontroversial dan provokatif, namun tetap menyenangkan dan informatif.
 
Nona juga telah menjalankan sejumlah inisiatif termasuk Nona Chats dan juga Nona Tries. Dalam inisiatif ini, pendiri Nona mewawancarai figur wanita inspiratif untuk berdiskusi dan menceritakan pengalaman mereka mengenai pemberdayaan, kesehatan mental, dan isu sekitar kesehatan perempuan.
 
Nona juga mengaku berencana untuk mengumumkan produk FemCare di masa mendatang, untuk mendukung visi dan misi mereka dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya edukasi dan informasi tentang kesehatan perempuan.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif