Ilustrasi.
Ilustrasi.

Ini Cara Kanada Atasi Konten Ekstremis

Teknologi teknologi
Ellavie Ichlasa Amalia • 28 Juni 2019 09:45
Jakarta:Kanada mengumumkan langkah yang mereka ambil untuk melawan ekstremisme. Public Safety Kanada berkata, pemerintah akan menyiapkan CAD1 juta (Rp10,8 miliar) untuk program yang disebut Tech Against Terrorism.
 
Dana itu akan digunakan untuk membuat sistem untuk menginformasikan perusahaan kecil ketika konten terorisme muncul, membantu mereka untuk menghapus konten itu lebih cepat.
 
Badan tersebut berkata, ini akan mendorong terciptanya komitmen untuk membantu platform lebih kecil agar dapat menghapus konten teroris dan kekerasan ekstrem, lapor Engadget.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bulan lalu, bersama dengan negara dan perusahaan, Kanada berjanji untuk menghapus konten teroris dan kekerasan setelah terjadi penembakan di masjid di Christchurch, Selandia Baru. Sang teroris menyiarkan langsung ketika dia tengah menembaki orang-orang di masjid tersebut. Konten video tersebut menyebar dengan cepat.
 
Kanada juga akan mengadakan konferensi untuk mengedukasi generasi muda tentang terorisme online dan kekerasan ekstrem. Dalam konferensi itu, juga dibahas tentang cara mengatasi masalah tersebut. Untuk mengadakan konferensi tersebut, Kanada bekerja sama dengan Twitter, Facebook, Microsoft, dan Google.
 
Perusahaan-perusahaan tersebut akan bekerja sama dengna langsung dengan generasi muda untuk mengembangkan ide yang bisa diaplikasikan oleh para remaja.
 
Ini bukan pertama kalinya pemerintah Kanada menyiapkan dana untuk melawan ekstremisme. Sebelum ini, mereka juga memberikan CAD1,5 juta (Rp16,2 miliar) untuk proyek yang menggunakan iklan dan video online, mengarahkan mereka ke konten yang dibuat pihak ketiga yang kredibel yang akan membantah ideologi yang bersifat merusak.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif