Apple Watch Series 5.
Apple Watch Series 5.

Inilah Apple Watch Series 5

Teknologi apple
Lufthi Anggraeni • 11 September 2019 10:05
Jakarta: Apple baru saja mengumumkan generasi terbaru dari smartwatch populer karyanya, yaitu Apple Watch Series 5. Jam tangan cerdas ini berbekal sejumlah fitur menarik dari pendahulunya seperti sensor ECG, juga berbekal fitur baru.
 
Salah satu fitur yang mendukung Apple Series 5 ini adalah pengoperasian Always-on, yang dimungkinkan berkat dukungan teknologi layar Retina LTPO baru, serta sensor cahaya sekitar baru, IC dan manajemen daya lebih canggih.
 
Cara kerja fitur ini serupa dengan fitur pada perangkat lain, yaitu saat tidak aktif digunakan, cahaya pada layar akan meredup, menampilkan detail lebih sedikit, tidak terlalu dinamis, dan melakukan proses refresh dengan frekuensi lebih sedikit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Layar baru Apple juga berkemampuan untuk menyesuaikan refresh rate dengan kondisi dan kebutuhan, sehingga dapat lebih menghemat daya baterai. Metrik olahraga pada Apple Watch Series 5 ini juga didukung mode Always-On, sehingga pengguna dapat melihat metrik saat baterai perangkat dalam kondisi lemah.
 
Apple mengklaim jam tangan cerdas terbarunya ini dapat bertahan selama 18 jam. Kurun waktu tersebut dinilai sejumlah pihak kurang lama, sebab merupakan perhitungan waktu dengan kondisi fitur layar Always-On selalu aktif. Daya tahan baterai disebut dapat bertahan lebih lama jika fitur layar canggih ini dinonaktifkan.
 
Apple Watch Series 5 mungkin tidak dibekali dengan fitur GPS pada umumnya, namun sebagai gantinya, Apple menghadirkan fitur kompas khusus. Fitur ini didukung oleh chip positioning baru, berkemampuan menyediakan informasi arah tujuan serta latitude, longitude dan elevasi saat perangkat digunakan.
 
Fitur kompas ini juga diintegrasikan dengan aplikasi Watch Maps baru, sehingga pengguna akan dapat mengetahui arah tujuan mereka. Juga terdapat komplikasi kompas untuk antarmuka jam tangan ini, dan kompas akan terbuka pada aplikasi pihak ketiga sehingga pengembang dapat menghadirkan pengalaman lain karya mereka pada fitur ini.
 
Selain itu, pembekalan fitur pembacaan ECG dan deteksi jatuh berkemampuan memberikan peringatan juga didukung oleh fitur panggilan telepon darurat. Namun fitur ini hanya tersedia pada versi Apple Watch dengan dukungan seluler.
 
Hadir dengan tampilan hampir menyerupai pendahulunya bukan berarti Apple tidak membenamkan hal baru soal desain pada Apple Watch Series 5 ini. Hal baru utama yang dihadirkan Apple pada Watch Series 5 yaitu versi Apple Watch Studio.
 
Apple Watch Studio memungkinkan konsumen untuk mengganti sasis dan menyesuaikannya dengan tali yang diinginkan. Namun hal ini berarti dengan Series 5, pilihan konsumen terkait tali dan sasis tidak lagi terbatas.
 
Apple Watch Series 5 juga hadir dengan opsi bahan baru yaitu titanium, diklaim berbobot lebih ringan jika dibandingkan dengan bahan stainless steel. Selain itu, bahan titanium ini juga diklaim memiliki daya tahan dan kekakuan lebih baik.
 
Jam tangan cerdas ini dengan versi bahan titanium ini hadir dalam dua warna, satu dengan warna perak alami yang diusung bahan titanium dan satu lainnya adalah space black. Sedangkan varian berbahan stainless steel hadir dalam pilihan warna emas, perak dan space black.
 
Untuk versi bahan alumunium, Apple menawarkan Watch Series 5 dalam pilihan warna perak, emas dan space gray. Versi berbahan alumunium pada Apple Watch Series 5 terbuat dari bahan alumunium seri 7000 yang telah mengalami proses daur ulang hingga 100 persen.
 
Apple Watch Series 5 GPS dipasarkan seharga USD399 (Rp5,6 juta), sedangkan Apple Watch Series 5 GPS dan seluler dipasarkan seharga USD499 (Rp7 juta). Kedua model ini dapat dipesan via apple.com dan tersedia di toko ritel mulai 20 September mendatang.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif