Samsung menduduki peringkat kedua pada daftar vendor smartphone terbaik di Indonesia versi Canalys.
Samsung menduduki peringkat kedua pada daftar vendor smartphone terbaik di Indonesia versi Canalys.

Laporan Canalys, Samsung Turun Tahta ke Posisi Dua

Teknologi samsung
Lufthi Anggraeni • 13 Agustus 2019 10:54
Jakarta: Melalui akun Twitternya, Canalys mengunggah laporan singkat terkait pasar smartphone di Indonesia. Pada laporan singkat ini, Canalys menyebut bahwa pasar smartphone Indonesia mencatatkan performa terbaik hingga saat ini.
 
Pada periode kuartal kedua tahun 2019, pasar smartphone Indonesia dilaporkan mencatat pengapalan ponsel sebanyak 11,4 juta unit dan mengalami pertumbuhan sebesar 8,9 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2018.
 
Pada Q2 tahun 2019, Samsung harus lengser dari posisi teratas dan menempati peringkat kedua dengan pangsa pasar sebesar 24 persen. Namun jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, Samsung tetap mengalami pertumbuhan sebesar 54 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Laporan ini juga menyebut bahwa Xiaomi mengalami penurunan terkait pertumbuhan jika dibandingkan Q2 2018 sebesar sembilan persen, dan memperoleh pangsa pasar sebesar 19 persen, mengganjarnya dengan peringkat ketiga pada daftar Canalys.
 
Menutup daftar lima besar pada laporan perusahaan riset ini adalah pendatang baru di pasar Indonesia, yaitu Realme. Canalys mencatat bahwa produsen smartphone asal Tiongkok ini memperoleh pangsa pasar di Indonesia sebesar tujuh persen.
 
Keberhasilan Samsung tetap berada di posisi atas daftar produsen smartphone dengan pengapalan unit produk terbaik didukung oleh kegigihannya dalam meluncurkan ponsel cerdas karyanya di Indonesia.
 
Belum lama ini, Samsung mengumumkan kehadiran Galaxy A80 edisi Blackpink di Indonesia, ditujukan untuk penggemar grup asal Korea Selatan ini di Tanah Air. Kehadirannya diumumkan setelah Samsung secara resmi menghadirkan Galaxy A80 versi reguler di Indonesia.
 
Tidak hanya untuk kelas menengah, Samsung juga baru saja meluncurkan Galaxy M30 yang menyasar segmen konsumen kelas menengah bawah, dengan mengunggulkan baterai berkapasitas besar.
 
Pasar Indonesia juga menjadi sasaran dari smartphone unggulan terbarunya, lini Galaxy Note 10. Ponsel yang disebut dengan julukan Power Phone ini dihadirkan Samsung dalam dua varian sebagai jawabannya untuk masukan yang diberikan konsumen.
 
Julukan Power Phone diberikan Samsung kepada Galaxy Note 10 bukan tanpa alasan. Smartphone terbaru di lini paling premium Samsung ini mendapatkan julukan tersebut berkat berbagai peningkatan yang disematkan Samsung kepadanya.
 
Hal serupa juga dilakukan Xiaomi yang baru-baru ini mengumumkan kehadiran seri paling bontot dari Redmi 7 bersaudara, Redmi 7A di Indonesia. Masih dengan formula sama, perangkat dengan ekor huruf A ini memiliki spesifikasi dan harga di bawah Redmi 7 dan Redmi Note 7.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif