Ilustrasi.
Ilustrasi.

FMIPA UI Bakal Punya Laboratorium Pengembangan AI

Teknologi kecerdasan buatan
Cahyandaru Kuncorojati • 15 September 2019 19:40
Jakarta: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Indonesia segera memiliki laboratorium untuk pengembangan kecerdasan buatan.
 
Kepada Medcom.id melalui informasi yang dibagikan, FMIPA UI menyatakan telah mendapatkan dukungan dari UMG Idealag, venture capital milik pengusaha diaspora Indonesia bernama Kiwi Aliwarga. Bersama dengan itu, FMIPA UI dan UMG Idealab sudah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU).
 
Di dalam MoU tersebut dinyatakan bahwa FMIPA UI akan mendapatkan hibah peralatan laboratorium AI senilai USD1 juta, penyelenggaraan learning dan training center bidang AI, dan pengembangan sistem pengolahan citra berbasis data science untuk deteksi penyakit melalui mata.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian FMIPA UI dan UMG Idealab juga bekerja sama dalam penyediaan dan pengembangan laboratorium CISCO depaertemen Fisika FMIPA UI. Nantinya fasilitas ini tidak akan hanya digunakan oleh kalangan internal tapi juga publiknya.
 
Misalnya, fasilitas learning center yang akan dibangun disebut bertujuan untuk pembelajaran dasar-dasar teknologi AI kepada siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Sementara di learning center terkait pengembangan AI akan ditujukan kepada pelajar sekolah menengah atas dan mahasiswa maupun akademisi lainnya.
 
Learning center ini akan diisi oleh para pakar dan akademisi FMIPA UI yang melakukan studi di bidang AI. Harapannya fasilitas ini akan mendukung terciptanya sumber daya manusia Indonesia yang menguasai perkembangan teknologi AI.
 
Diklaim pihak FMIPA UI bahwa nantinya akan ada enam laboratorium yang disiapkan dengan satu ruang display. Setiap laboratorium akan didukung perangkat pendukung modern AI seperti robot, sensor, dan aktuator serta ruang diskusi futuristik.
 
Terkait pengembangan sistem pengolahan citra berbasis data science untuk deteksi penyakit melalui mata hal tersebut akan dilakukan oleh Data Science Center (DSC) FMIPA UI. Ke depannya DSC FMIPA UI juga mengklaim akan mengembangkan pengolahan Electronic Health Record masyarkat Indonesia.
 
Tujuan utamanya adalah mengembangkan Big Data Analytic dan Advanced Computing untuk menganalisis kondisi kesehatan masyarakat Indonesia sebagai kajian strategis untuk membantu Pemerintah dalam memetakan kondisi kesehatan dan pertimbangan kebijakan kesehatan Indonesia.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif