Samsung Rilis Galaxy Watch
Samsung Galaxy Watch. (Photo by TIMOTHY A. CLARY / AFP)
Jakarta: Samsung meluncurkan smartwatch baru dengan merek baru. Saat meluncurkan Galaxy Note 9, Samsung juga mengumumkan Galaxy Watch. Smartwatch itu dilengkapi konektivitas 3G/LTE dan fitur wireless charging.

Samsung menyediakan Galaxy Watch dalam dua varian: warna silver dengan ukuran 46 mm juga warna hitam dan rose gold dengan ukuran 42 mm. Samsung tidak lagi menggunakan nama Gear pada smartwatch miliknya dan menggunakan nama Galaxy, yang juga digunakan sebagai nama lini smartphone dan tablet, lapor The Verge.

Galaxy Watch akan tersedia di Amerika Serikat pada 24 Agustus, Korea Selatan pada 31 Agustus dan pasar lain pada 14 September. Di AS, Galaxy Watch Bluetooth 42mm akan dihargai USD330 (Rp4,8 juta) sementara versi 46 mm dihargai USD350 (Rp5,1 juta).


Varian 46 mm memiliki layar 1,3 inci dengan baterai 472 mAh sementara varian 42 mm memiliki layar 1,2 inci dan baterai 270 mAh. Keduanya menggunakan layar AMOLED dengan Gorilla DX+. Dua smartwatch ini juga memiliki sertifikasi IP68, yang berarti ia bisa dibawa masuk ke dalam air hingga kedalaman 1 meter.


(Drew Angerer / Getty Images / AFP)

Galaxy Watch menggunakan Exynos 9110, sebuah prosesor dual core dengan clock speed 1,15GHz dan sudah menggunakan Tizen OS 4.0 sebagai sistem operasi.

Smartwatch ini sudah dilengkapi dengan sensor cahaya ambien, akselerometer, giroskop, dan barometer. Versi LTE dari Galaxy Watch memiliki RAM 1,15GB dan memori 4GB. Sementara versi Bluetooth memiliki RAM 768MB dan memori 4GB.

Samsung mengklaim bahwa Galaxy Watch akan dapat bertahan selama beberapa hari dalam satu kali pengisian baterai. Galaxy Watch juga akan memiliki fitur-fitur yang fokus pada kesehatan seperti monitor detak jantung untuk menentukan detak jantung normal bagi pengguna. Ketika jantung Anda berpacu, maka Galaxy Watch akan menyarankan Anda rileks.

Galaxy Watch juga dapat melacak berbagai aktivitas serta pola dan kualitas tidur. Smartwatch ini memiliki tampilan serupa dengan Gear S2 Classic.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.