Dia menjelaskan, dengan melakukan digitalisasi, para pelaku UKM akan dapat memiliki jangkauan yang lebih luas.
"UKM kini punya kebutuhan akan internet untuk menunjang bisnis digital," kata Tanto. Hal inilah menjadi alasan mengapa XL meluncurkan layanan INFINET.
Selain itu, dia mengatakan, dengan melakukan transformasi bisnis digital, para pelaku UKM juga akan meningkatkan daya saing sehingga mereka tidak akan kalah dengan para pelaku UKM dari negara luar.
Sementara itu, Chief Digital Service Officer XL Ongki Kurniawan mengatakan pelaku UKM akan menjadi tulang punggung dari e-commerce.
"Kalau di Elevenia, terdapat 30 ribu seller, sebagian besar adalah UKM," kata Ongki saat ditemui di Oakwood. Dia menjelaskan, para pelaku UKM yang berkecimpung di industri e-commerce memerlukan koneksi internet yang stabil jika mereka ingin berrtahan hidup.
Tidak hanya itu, para pelaku UKM juga dirasa memerlukan kuota yang besar karena saat ini, mereka tidak hanya sekedar menggunakan internet untuk mengakses media sosial, tapi juga untuk mengunggah gambar dan video.
Ongki menjelaskan, pelaku UKM dapat menggunakan video untuk mengenalkan produk mereka atau berinteraksi dengan pembeli mereka. "Dengan teknologi digital, pelaku UKM memiliki peluang untuk lebih dikenal, produk mereka lebih dipahami," kata Ongki.
Selain koneksi internet, melalui INFINET, XL juga menawarkan fitur ekstra seperti domain, website, email korporat dan cloud storage. Dia menjelaskan, tim sales XL juga akan melakukan edukasi pada pelaku UKM tentang fitur-fitur yang ditawarkan oleh XL melalui INFINET.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News