Jessica Hendrawidjaja, Chief Marketing Officer (CMO) Shipper
Jessica Hendrawidjaja, Chief Marketing Officer (CMO) Shipper

Kembangkan Budaya Inovasi di Kalangan Startup, Ini Strategi AWS dan Shipper

Mohammad Mamduh • 21 September 2022 10:30
Jakarta: Amazon Web Services (AWS) punya misi untuk menjadi perusahaan yang paling berfokus kepada pelanggan di dunia. 
 
Priya Lakshmi, Head of Startup Business, ASEAN, AWS mengatakan bahwa inovasi dimulai dan diakhiri dengan pelanggan. Dengan mencari tahu apa yang pelanggan butuhkan, inginkan, serta hal-hal yang menurut mereka dapat ditingkatkan, Amazon mampu memahami secara mendalam situasi dan konteks mereka untuk berinovasi bagi pelanggan.
 
"Ini bukan hanya tentang menjadi dekat dengan pelanggan dan menanyakan apa yang mereka inginkan, tetapi memahami situasi dan konteks mereka secara mendalam sehingga kami dapat berinovasi untuk mereka,” lanjut Priya.
 
“Budaya mengacu kepada perekrutan orang-orang untuk mengoperasikan sistem inovasi kami sesuai dengan sistem kepercayaan umum kami. Pilar kedua yang mendorong inovasi kami adalah organisasi: bagaimana kami mengatur bisnis kami agar cepat dan lincah?” ujar Priya.
 
Amazon sendiri memiliki istilah khas untuk caranya mengatur SDM agar dapat mengoptimalkan inovasi dan eksekusi ide, yang disebut dengan two-pizza teams.
 
Menurut analogi ini, sebuah tim tidak boleh menghabiskan lebih dari dua porsi pizza; dengan kata lain, masing-masing tim terdiri dari 10 orang atau kurang. Karena tim yang berukuran lebih kecil dapat membuat keputusan dengan lebih cepat, konsep two-pizza teams dipercaya semakin mendorong inovasi untuk para pelanggannya.
 
Salah satu contoh nyata bagaimana elemen budaya inovasi Amazon telah membantu perusahaan startup dalam mencapai tujuan mereka adalah Shipper, sebuah perusahaan logistik digital asal Indonesia yang tengah mengalami pertumbuhan pesat.
 
Jessica Hendrawidjaja, Chief Marketing Officer, Shipper, bergabung dalam diskusi untuk menggambarkan bagaimana AWS telah menjadi bagian integral dari bisnis Shipper sejak didirikan pada tahun 2017.
 
Sebagai negara kepulauan terbesar, Indonesia tentu juga menghadapi tantangannya tersendiri dalam hal logistik. Shipper bercita-cita untuk memampukan pertumbuhan bisnis lokal, dari UKM hingga perusahaan besar, dengan menyediakan akses ke jaringan rantai pasok dan logistik yang terintegrasi. Hingga saat ini, Shipper telah mendukung lebih dari 30.000 UKM yang tersebar di 35 kota.
 
“Shipper telah bermitra dengan AWS sejak perusahaan kami didirikan pada tahun 2017 silam. Ketika bisnis baru mulai berjalan, dengan jumlah karyawan kurang dari 20 orang, kami mengambil keputusan untuk ikut serta dalam program AWS Activate. Melalui program tersebut, kami menerima dukungan berbentuk AWS Credits sebesar USD100 ribu untuk membantu mengembangkan bisnis kami,” tutur Jessica.

“Hingga saat ini AWS terus aktif dalam memberikan kami pelatihan, dukungan, dan saran, kapan pun kami membutuhkannya. Kini, dengan jumlah karyawan lebih dari 900 orang, AWS pun masih bersama Shipper dan berkomitmen tinggi untuk mendukung pertumbuhan kami pada masa depan.”
 
Kemudian, Jessica menekankan pentingnya prinsip AWS yang menomorsatukan pelanggan dan Bekerja Mundur untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
 
Penting bagi Shipper untuk selalu mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan. Ketika pelanggan perlu merampingkan dan mengintegrasikan aliran komunikasi maupun sistem pelacakan mereka, Shipper mendengarkan pelanggan dengan cermat dan memberikan solusi yang mereka butuhkan.
 
“Prinsip customer obsession (terobsesi dengan pelanggan) merupakan salah satu filosofi Amazon dan AWS yang tercermin di bisnis Shipper. Apapun yang kami bangun adalah untuk kepentingan dan kepuasan pelanggan."
 
Tim selalu memikirkan dan mencari tahu apa saja inovasi yang dapat kami luncurkan untuk membantu mereka. Kami percaya, ketika kami memiliki mentalitas yang berpusat pada pelanggan, maka bisnis kami berada dalam jalur yang tepat. Dan kami ingin mengucapkan terima kasih kepada tim AWS karena telah menanamkan mentalitas itu ke dalam identitas Shipper,” pungkas Jessica. 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan