Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tri Indonesia Catat Peningkatan Trafik Layanan 57% Berkat Lebaran Online

Teknologi teknologi telekomunikasi tri
Cahyandaru Kuncorojati • 01 Juni 2020 14:02
Jakarta: Operator seluler Tri (3) Indonesia menyusul memberikan laporan trafik layanan mereka selama momen Lebaran atau Idul Fitri tahun ini di tengah pandemi Covid-19 atau virus Korona.
 
Menariknya, mereka juga membuktikan bahwa kondisi ini ikut berkontribusi positif bagi industri telekomunikasi. Tri Indonesia mencatat terjadi kenaikan trafik layanan data atau internet hingga 57 persen di Hari Raya Idul tahun Fitri tahun ini dibandingkan tahun lalu.
 
Pihak Tri Indonesia menjelaskan bahwa peningkatan ini didominasi oleh penggunaan layanan aplikasi pesan dan telekonferensi atau video conference seperti WhatsApp, Zoom, dan Google Duo. Misalnya, diklaim bahwa penggunaan Zoom di trafik layanan mereka meningkat 87 persen di hari pertama Idul Fitri dibandingkan sehari sebelumnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di media sosial, Tri Indonesia menyebut trafik akses ke Instagram dan TikTok ikut melonjak di hari pertama Idul Fitri. Artinya, aplikasi video conference atau video call dan media sosial masih jadi yang populer di momen Lebaran. Bagaiman perbandingannya dengan hari normal sebelum pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar?
 
Tri Indonesia membeberkan kenaikan trafik data pada hari Idul Fitri mencapai 19 persen dibandingkan sebelum diberlakukan pembatasan sosial. Peningkatan trafik tadi kemudian mencapai delapan persen jika dibandingkan hari normal setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar.
 
Mereka mengakui bahwa layanan SMS dan voice atau panggilan telepon menurun masing-masing sekitar 20 persen dan 40 persen dibandingkan Idul Fitri tahun lalu. Kondisi ini disebabkan banyak pelanggan Tri Indonesia yang beralih ke video call atau video conference.
 
"Berbeda dari tahun sebelumnya, adanya pandemi ini menjadikan silaturahmi lebih terbatas, banyak yang harus merayakan Idul Fitri tahun ini tanpa dapat bertemu dengan keluarga dan sanak saudara tercinta," tutur Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia, M. Buldansyah.
 
"Komunikasi pun terjalin secara virtual dengan mengandalkan aplikasi pesan serta layanan panggilan video/telekonferensi. Optimisasi dan peningkatan kualitas jaringan 4.5G Pro yang telah kami lakukan juga telah berhasil mengantisipasi kenaikan lalu lintas data," jelasnya.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif