Senior Vice President CTO LINE Corp Euivin Park.
Senior Vice President CTO LINE Corp Euivin Park.

LINE Ingin Hadirkan Layanan Intuitif via Life on LINE

Teknologi teknologi line
Lufthi Anggraeni • 21 November 2019 08:36
Tokyo: Dalam LINE Developer Day 2019, LINE mengumumkan salah satu fokusnya untuk menghadirkan layanan intuitif bagi pengguna aplikasi karyanya, bertajuk Life on Line. Layanan ini juga ditujukan untuk layanan di ranah finansial yang menjadi salah satu fokus Line.
 
“Tahun ini ada 20 layanan baru, kami mempunyai tema Life on Line. Salah satu dari visi tersebut, yaitu fokus mengembangkan layanan finansial. Ini bagian dari mempermudah berbagai permasalahan yang selama ini terjadi di masyarakat,” ujar CTO LINE Corp Euivin Park.
 
Fokus pada layanan perbankan dan finansial dalam pengembangan teknologi kecerdasan buatan LINE salah satunya diterapkan pada LINE Pay. Pada layanan ini, LINE Pay mengombinasikan teknologi AI untuk pengenalan gambar dan analisa guna menghadirkan keamanan lebih baik, serta autentikasi via biometrik saat akan melakukan transaksi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu dalam acara ini, LINE turut menegaskan bahwa perusahaannya menempatkan privasi pengguna sebagai salah satu faktor utama dalam pengembangan teknologi dan layanan baru, terutama terkait kecerdasan buatan (AI).
 
Dalam pengembangan, LINE mengusung dua prinsip, yaitu privasi sebagai yang utama, serta menghindari data silos. Pentingnya menyoal keamanan privasi pengguna, Park menyebut bahwa semua sistem yang dikembangkan LINE harus berporos pada prinsip ini.
 
Sedangkan data silos merupakan salah satu hambatan yang kerap ditemukan pengembang dalam menghadirkan pengalaman penggunaan yang mulus.
 
Sebab, umumnya data yang dibutuhkan untuk menghadirkan layanan yang baik ini berasal dari berbagai sumber penyimpanan, menggunakan sistem atau pemprograman berbeda sehingga sulit untuk diintegrasikan dan menyebabkan risiko yang besar.
 
Untuk mengatasi hal ini, LINE menyebut tengah mengembangkan platform bertajuk Unified Self Service Data Platform, menawarkan bantuan menyoal tata kelola data sehingga pengembang dapat lebih mudah memperoleh data yang dibutuhkan guna melakukan penyesuaian pada sistem agar dapat terintegrasi dengan mulus.
 
Selain itu, LINE juga mengumumkan aplikasi Line Mini, merupakan API yang dapat dimanfaatkan pengembang untuk menciptakan produk karya mereka, salah satunya chatbot, dan memungkinkan pengembang untuk saling berkolaborasi. Aplikasi Line Mini merupakan bagian dari bisnis AI milik LINE, yaitu LINE Brain.
 
Sementara itu, Park menyebut pesan utama yang ingin disampaikan LINE pada gelaran LINE Developer Day 2019 ini tidak jauh berbeda dari gelaran tahun sebelumnya.
 
Acara tahun 2019 ini, LINE tidak hanya terfokus pada bitcoin seperti tahun lalu, dan lebih menekankan pada faktor lain terkait teknologi seperti privasi dan infrastruktur.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif