Lenovo mengumumkan siap meluncurkan laptop pertama di dunia dengan layar lipat, ThinkPad X1 Fold.
Lenovo mengumumkan siap meluncurkan laptop pertama di dunia dengan layar lipat, ThinkPad X1 Fold.

CES 2020

Lenovo ThinkPad X1 Fold, Laptop Merangkap Tablet Lipat

Teknologi teknologi lenovo ces 2020
Lufthi Anggraeni • 07 Januari 2020 09:43
Jakarta: Lenovo mengumumkan kesiapannya dalam meluncurkan laptop pertama di dunia dengan layar lipat, bertajuk ThinkPad X1 Fold. Lenovo juga memamerkan proses perakitan perangkat rumit ini.
 
Lenovo ThinkPad X1 Fold hadir dengan layar berukuran 13,3 inci dikelilingi bezel tergolong tebal jika dibandingkan dengan tablet dan laptop modern. Hal ini tergolong masuk akal mengingat teknologi yang harus dibenamkan, dikutip dari Engadget.
 
Lenovo ThinkPad X1 mengusung kemampuan dilipat ke arah dalam dan dua bagian layar tergeletak secara data di atas satu sama lain, dan terkunci saat tertempel satu sama lain dengan menggunakan bantuan magnet.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal ini menyisakan celah kecil antara kedua layar, yang akan absen saat pengguna menyelipkan Bluetooth Mini Fold Keyboard yang dirancang Lenovo secara khusus untuk mengisi celah tersbeut.
 
Keyboard ini merupakan salah satu aksesori yang belum dipamerkan Lenovo saat pertama kali mengunggah teaser untuk ThinkPad X1 Fold, dan diklaim menghadirkan perbedaan besar. Dengan demikian, pengguna dapat mengubah tablet menjadi laptop mini.
 
Lenovo ThinkPad X1 Fold juga berkemampuan untuk mengisi daya baterai keyboard secara nirkabel saat disematkan di celah antar layar. Namun, pengguna juga akan dapat menghubungkan layar dengan keyboard Bluetooth lain dan mouse.
 
Perangkat ini berbekal port USB-C di masing-masing sisi, memungkinkannya untuk dihubungkan ke monitor eksternal. Lenovo ThinkPad X1 Fold didukung prosesor Intel Core terbaru dengan teknologi Hybrid, dan menggunakan Windows 10 Pro.
 
Lenovo menyebut bahwa perusahaannya akan menghadirkan perangkat dengan sistem Microsoft Windows 10 X untuk perangkat multi dan dual-screen saat tersedia. Untuk ThinkPad X1 Fold versi saat ini, Lenovo mengintegrasikan software peralihan mode, untuk memudahkan pengguna menggunakan perangkat ini dalam berbagai konfigurasi.
 
Perangkat yang hadir dengan bobot kurang dari 1 Kg ini akan dipasarkan seharga sekittar USD2.499 (Rp34,7 juta) pada pertengahan tahun 2020 ini. Lenovo tidak menyebutkan penawaran harga untuk aksesori keyboard yang dipamerkan bersama ThinkPad X1 Fold.
 
Sebelumnya, Lenovo dikabarkan juga akan merilis smartphone gaming. Rumor ini mulai terdengar setelah laporan menyebut Lenovo baru saja menciptakan akun baru di media sosial Weibo. Akun ini terlihat menargetkan kalangan mobile gamer dan menggunakan logo Legion sebagai foto profilnya.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif