Ilustrasi.
Ilustrasi.

Malware FinSpy Terbaru Bisa Curi Data WhatsApp

Teknologi cyber security kaspersky
Ellavie Ichlasa Amalia • 15 Juli 2019 12:11
Jakarta:Spyware FinSpy ditemukan di perangkat Android dan iOS. Menurut laporan Kaspersky, FinSpy memungkinkan penyerang untuk memata-matai aktivitas korban, seperti membaca pesan pada aplikasi chatting, termasuk pesan yang terenkripsi.
 
Tidak hanya itu, spyware ini juga dapat mengambil data sensitif pengguna, seperti lokasi GPS, pesan, gambar, dan panggilan. FinSpy bisa digunakan untuk memata-matai pemerintah, Lembaga Swasembada Masyarakat, dan bahkan penegak hukum.
 
Melalui FinSpy, penyerang akan dapat mengakses data seperti lokasi korban, pesan yang dikirim dan diterima, kontak, serta media yang disimpan pada perangkat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Spyware ini juga bisa digunakan untuk mengakses data dari layanan seperti Facebook Messenger, WhatsApp, dan Viber. Semua ini akan dikirimkan ke penyerang via SMS dan protokol HTTP.
 
Versi terbaru dari FinSpy bahkan dapat mengakses pesan pada layanan yang dianggap lebih aman, seperti Telegram, Signal, atau Threema. Penyerang juga dapat menyembunyikan keberadaan spyware ini dengan lebih baik.
 
Anda bisa melihat cara FinSpy menginfeksi perangkat pada bagan di bawah ini.
 
Malware FinSpy Terbaru Bisa Curi Data WhatsApp
 
Spyware ini bisa menargetkan perangkat yang bisa menggunakan iOS 11 atau versi lebih lama. FinSpy dapat menyembunyikan tanda-tanda perangkat telah di-jailbreak pada perangkat iOS.
 
Sementara pada Android, FinSpy bisa digunakan untuk mendapatkan akses root yang hampir tidak terbatas, pada perangkat yang telah di-root. Itu artinya, penyerang bisa mendapatkan akses ke semua file dan perintah.
 
Menurut Kaspersky, penyerang akan bisa menginfeksi perangkat mobile via SMS, email, atau push notification jika pengguna pernah melakukan root/jailbreak pada perangkat. Sementara pengguna yang tak pernah melakukan itu, penyerang harus mendapatkan akses fisik ke perangkat.
 
"Pengembang di balik FinSpy terus memantau pembaharuan keamanan pada platform seluler dan cenderung memperbarui program berbahayanya dengan cepat agar operasi mereka tidak diblokir oleh update," kata Alexey Firsh, peneliti keamanan di Kaspersky.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif