Dengan mengusung konsep recommerce, Surplus memberikan kehidupan kedua bagi berbagai jenis produk: mulai dari barang baru yang tidak terjual, barang retur, produk dengan cacat minor, hingga stok berlebih. Pendekatan ini secara efektif mengurangi limbah dan mencegah kerugian ekonomi yang signifikan.
Hingga 29 Juli 2025, Surplus Indonesia telah berhasil menyelamatkan lebih dari 400.000 produk atau setara dengan 10.000 ton barang. Dampaknya tidak hanya terasa pada penghematan potensi kerugian ekonomi sebesar lebih dari 1 juta USD, tetapi juga pada pengurangan emisi karbon lebih dari 10 juta CO2e dari tempat pembuangan akhir, serta menjangkau lebih dari 1.000.000 pengguna.
Agung Saputra, CEO Surplus, menyatakan, mereka ingin menyediakan solusi belanja hemat dan ramah lingkungan melalui satu aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. "Lebih dari itu, masyarakat juga dapat berkontribusi dalam mengurangi limbah dan menciptakan dampak positif bagi bumi ini."
Melalui kampanye andalannya, #PastiDiskon Hingga 80% Tanpa Syarat, Surplus menawarkan keuntungan besar bagi semua pihak. Bagi para pelaku bisnis, kampanye ini menjadi jalan keluar untuk mengurangi biaya pembuangan barang, mengoptimalkan stok, dan meminimalkan kerugian.
Di sisi lain, konsumen mendapatkan kesempatan emas untuk membeli produk berkualitas tinggi dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Kategori produk yang ditawarkan pun semakin luas, tidak hanya makanan dan minuman, kini tersedia juga pakaian, kebutuhan rumah tangga, hingga kupon diskon.
Sandiaga Uno, Advisor Surplus, turut memberikan apresiasi. "Indonesia masih menjadi salah satu penyumbang limbah makanan terbesar di dunia. Dengan inovasi karya anak bangsa seperti Surplus, kita yakin bisa berubah bersama dan bergerak satu langkah lebih dekat menuju visi besar Indonesia Emas 2045."
Sejumlah mitra bisnis juga telah merasakan manfaat nyata dari bergabung dengan ekosistem Surplus. Oktavianus Kusuma, National Head of Marketing & Merchandising Atria, mengungkapkan, "Surplus membuka jalur distribusi baru bagi kami untuk mengoptimalkan produk clearance dan memperkenalkan Atria kepada konsumen baru yang peduli lingkungan."
Senada dengan itu, Tania Wirjakusuma, COO Freshly Baked by Origin Bakery, menambahkan, "Dengan Surplus, kami bisa meminimalkan produk terbuang, sambil menarik pelanggan baru. Ini adalah solusi win-win untuk bisnis dan bumi."
Peluncuran ini juga dihadiri oleh berbagai mitra lainnya seperti JuLing (Juicible Keliling), Juicible, Imperfashion, Ultimate U, 23 Fragrance, Kantong plastik berbahan murni, New Sgitiga, dan Dolarindo Money Changer. Surplus Indonesia menegaskan komitmennya untuk memastikan setiap transaksi di platformnya memberikan manfaat sosial dan lingkungan.
Dengan tagline "Save Goods. Save Budget. Save Planet.", Surplus Indonesia berkomitmen untuk berperan aktif dalam menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan dan penuh kepedulian terhadap lingkungan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id