Hari Blogger Nasional diperingati setiap 27 Oktober sejak 2007. Ilustrasi: Hover
Hari Blogger Nasional diperingati setiap 27 Oktober sejak 2007. Ilustrasi: Hover

Selamat Hari Blogger Nasional 27 Oktober! Berikut Sejarahnya yang Perlu Kamu Tahu

Putri Purnama Sari • 27 Oktober 2022 17:01
Jakarta: Jumlah pemakai internet di seluruh dunia meningkat tajam dalam 20 dekade terakhir. Bahkan, penggunaaan internet semakin sulit dilepaskan dari keseharian manusia saat ini.
 
Meningkatnya penggunaan internet di masyarakat mendorong munculnya berbagai aplikasi dan layanan dalam internet. Salah satunya, weblog atau yang sering disebut blog.

Arti blog dan blogger


Blog adalah website pribadi yang selalu diperbaharui secara berkala dan berisi tautan-tautan ke website lain yang dianggap menarik disertai komentar dari para pembacanya. Penulis atau pemilik blog disebut blogger, sedangkan tindakan atau perilaku menulis dan mengirim tulisan di blog tersebut disebut blogging.
 
Blog dibuat untuk dibaca oleh orang lain. Seorang blogger dapat mempublikasikan berbagai tulisan. Baik tentang pengalaman, pengetahuan, pemikiran dan minat, untuk dibaca blogger lain atau pengguna internet lain.

Apa saja isi blog?


Seorang blogger dapat mempunyai lebih dari satu blog. Blog yang ditulis pun memiliki tema tema yang beragam, seperti tema pendidikan, hukum, politik, kehidupan sehari-hari, kesehatan, teknologi, dan lain sebagainya.
 

Baca: Tips Menjadi Travel Foto Blogger


Selain itu blog juga mulai digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah, media kampanye politik, dan media bisnis.

Sejarah 27 Oktober jadi Hari Blogger Nasional


Mungkin banyak orang belum tahu, 27 Oktober 2022 diperingati sebagai Hari Blogger Nasional. Hari Blogger Nasional pada awalnya dikenal dan diperingati sebagai Pesta Blogger yang diselenggarakan tahunan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Awalnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Muhammad Nuh membuka sebuah acara yang digagas untuk mewadahi para blogger yang tersebar di seluruh Indonesia. Event tahunan yang bertajuk Pesta Blogger tersebut kemudian berkembang sedemikian rupa sehingga mampu menarik banyak blogger nasional 
 
Seiring dengan perkembangannya, acara tahunan yang dulunya hanya berfokus kepada pesta akbar para blogger se-Indonesia kemudian mulai mengalami pergeseran fokus. 
 
Acara tersebut mulai dirancang untuk menekankan pada para blogger untuk bisa mengelola blog lebih serius lagi agar menghasilkan blog yang lebih bermanfaat. Sejak 2007, 27 Oktober menjadi Hari Blogger Nasional.
 
(SUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING
TERKAIT

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif