App Annie memprediksi industri aplikasi mobile akan mencetak lebih banyak rekor pada 2022.
App Annie memprediksi industri aplikasi mobile akan mencetak lebih banyak rekor pada 2022.

Industri Aplikasi Mobile akan Pecahkan Lebih Banyak Rekor pada 2022

Teknologi aplikasi
Lufthi Anggraeni • 14 Januari 2022 15:33
Jakarta: Memasuki tahun ketiga pandemik Covid-19, salah satu efek samping terbesar dari pandemi adalah peningkatan signifikan dari konsumsi waktu masyarakat terhadap perangkat mobile mereka.
 
Laporan terbaru dari App Annie yang dikutip Phone Arena menjabarkan fenomena ini secara lebih lanjut. Laporan ini menyebut bahwa waktu rata-rata yang dihabiskan masyarakat untuk menggunakan aplikasi mobile meningkat menjadi 4,8 jam per hari di pasar dengan penggunaan perangkat mobile sebagai perangkat utama terbesar dunia.
 
Kini, App Annie menyebut tidak hanya lebih banyak menghabiskan waktu dengan aplikasi mobile, masyarakat juga mulai menghabiskan lebih banyak uang di aplikasi tersebut. Laporan ini menyebut bahwa sekitar USD320.000 (Rp4,6 miliar) digelontorkan masyarakat ke toko aplikasi selama tahun 2021 lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Angka tersebut merupakan jumlah rata-rata uang yang dihabiskan masyarakat setiap menit, meningkat 20 persen jika dibandingkan data hasil observasi App Annie pada tahun 2020. Sementara itu menurut laporan ini, aplikasi yang paling banyak diunduh adalah TikTok.
 
Tahun 2020 sebagai awal pandemi menjadi tahun TikTok mengalami peningkatan popularitas secara signifikan. Namun App Annie menyebut aplikasi ini tercatat mampu meningkatkan popularitasnya pada tahun 2021 lalu.
 
Pengguna TikTok dilaporkan menghabiskan waktu sekitar 90 persen lebih banyak di aplikasi, selama tahun 2021 lalu, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Berdasarkan data tersebut, TikTok diprediksi akan memiliki 1,5 miliar pengguna aktif bulanan pada tahun 2022 ini, hampir setara dengan 20 persen populasi di dunia.
 
Selain TikTok, aplikasi lain yang mengalami peningkatan popularitas signifikan menurut App Annie adalah raksasa layanan streaming YouTube. Aplikasi YouTube menduduki tahta sebagai aplikasi streaming dengan jumlah unduhan terbanyak, diikuti oleh Netflix.
 
Statistik menarik lain terkait penggunaan aplikasi pada tahun 2021 adalah sebanyak USD116 miliar (Rp1.660,8 triliun) dihabiskan di aplikasi game mobile, serta peningkatan penggunaan aplikasi belanja online dan layanan antar-beli makanan.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif