Apple dikabarkan akan berhenti membuat iPhone X. (Justin Sullivan / Getty Images / AFP)
Apple dikabarkan akan berhenti membuat iPhone X. (Justin Sullivan / Getty Images / AFP)

Apple Bakal Berhenti Produksi iPhone X?

Teknologi apple iphone iphone x
Ellavie Ichlasa Amalia • 23 Januari 2018 11:02
Jakarta:Apple mungkin akan menghentikan produksi iPhone X tahun ini. Pada hari Jumat lalu, analis Ming-Chi Kuo dari KGI Securities memperkirakan bahwa Apple sebentar lagi tidak akan lagi memproduksi iPhone X, lapor AppleInsider.
 
Diperkirakan, Apple akan mematikan iPhone X pada musim panas ini, tepat sebelum iPhone baru diluncurkan dan kurang dari satu tahun sejak ponsel itu diluncurkan.
 
Dalam catatannya, Kuo mengimplikasikan bahwa alasan Apple berhenti memproduksi iPhone X adalah karena rendahnya ketertarikan konsumen, khususnya di Tiongkok.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kuo kemudian mengklarifikasi bahwa alasan iPhone X tidak lagi diproduksi adalah karena Apple khawatir akan adanya "kanibalisasi" pada iPhone baru yang diluncurkan pada musim gugur mendatang.
 
Setiap tahun, Apple memang meluncurkan iPhone baru. Namun, sebelum ini, Apple tidak pernah berhenti memproduksi sebuah iPhone hanya satu tahun setelah ponsel itu diluncurkan.
 
Biasanya, perusahaan asal Cupertino itu terus menjual iPhone model lama mereka. Sampai sekarang, Apple masih menjual iPhone 7 atau bahkan iPhone 6s.
 
Beberapa bulan lalu, Kuo membuat prediksi tentang iPhone yang akan Apple luncurkan tahun ini, lapor Mashable. Dia menyebutkan, Apple akan meluncurkan dua model "premium".
 
Salah satunya akan memiliki layar 5,8 inci dan satu lagi akan memiliki layar lebih besar, 6,5 inci, yang dihargai kurang lebih sama seperti iPhone X sekarang, sekitar USD999 (Rp13,3 juta). Satu model lain adalah iPhone 6,1 inci yang dihargai sekitar USD799 (Rp10,6 juta).
 
Jika Apple menurunkan harga iPhone X, maka harganya akan dekat dengan model iPhone 6,1 inci tahun ini. Ini berarti, Apple akan menjual ponsel tahun lalu dengan harga yang sama dengan ponsel baru yang dirilis tahun ini.
 
Faktanya, Apple bahkan akan menjual ponsel yang diluncurkan tahun lalu lebih mahal dari iPhone non-premium yang diluncurkan tahun ini.Lalu, kenapa Apple tidak meneruskan iPhone X dan tidak membuat iPhone 6,1 inci? Alasannya karena ongkos produksi iPhone terlalu mahal.
 
Satu komponen yang membuat biaya produksi iPhone X mahal adalah layar OLED, yang memiliki harga lebih mahal dari layar LCD. Disebutkan, iPhone 6,1 inci akan menggunakan layar LCD, yang berarti ongkos produksinya lebih murah.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif