Fitur Instagram Music.
Fitur Instagram Music.

Belum Diumumkan, Instagram Music Sudah Bisa di Indonesia

Teknologi media sosial teknologi instagram
Cahyandaru Kuncorojati • 23 Juni 2021 10:20
Jakarta: Penggemar Instagram di Indonesia kini bisa menikmati fitur yang selama ini hanya tersedia di sebagian negara kawasan Eropa dan tentunya Amerika. Meskipun begitu perwakilan Instagram di Indonesia belum memberikan pengumuman terkait fitur Instagram Music bisa dipakai di Tanah Air.
 
Hal ini diketahui pertama kali dari pantauan Medcom.id pada sejumlah Instagram Story atau IG Story akun pengguna yang lain. Saat Anda melihat konten IG Story pengguna lain dan terdengar musik yang diputar maka artinya pengguna tersebut menggunakan fitur Instagram Music.
 
Apa itu Instagram Music? Instagram Music adalah fitur seperti sticker tapi bukan gambar diam maupun gambar bergerak atau GIF melainkan sebuah lagu yang bisa ditempel sebagai musik pengiring atau layar Instagram Stories.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lagu atau musik yang digunakan berasal dari katalog lagu yang ada di fitur di Instagram Music. Jadi saat akan menggunakan fitur ini pengguna bisa lebih dulu memilih atau mengecek lagu yang Anda inginkan tersedia atau tidak. Anda bisa memilih lagu tersebut sekadar suara saja atau teks lirik yang muncul dan bisa diatur jenis gaya hurufnya (font).
 
Sebelumnya fitur ini hanya bisa diakses pengguna Instagram Indonesia dengan aplikasi tambahan VPN untuk mengubah lokasi GPS mereka berada di kawasan negara yang menyediakan Instagram Music. Meskipun demikian pengguna yang belum kebagian fitur ini tetap tidak akan bisa mendengar musik yang berputar.
 
Alternatifnya, pengguna Instagram di Indonesia memakai filter Instagram yang memutar lagu namun pilihan lagu yang tersedia terbatas. Ada juga aplikasi pihak ketiga (third party) yang bisa mengedit video dengan memasang lagu latar sebelum diunggah ke Instagram Stories.
 
Di Amerika, fitur Instagram Music bukan hal baru. Fitur ini sudah dirilis oleh Instagram sejak tahun 2018 namun belum dibawa ke berbagai negara seluruh dunia karena melihat tren penggunanya dan kontrak penggunaan lagu dengan label musik atau musisi.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif