Uji coba pengiriman logistik menggunakan drone.
Uji coba pengiriman logistik menggunakan drone.

JD Jajal Pengiriman Pakai Drone

Teknologi drone e-commerce JD.ID
Cahyandaru Kuncorojati • 22 Januari 2019 21:41
Jakarta: Selain di Tiongkok, kini JD.com juga mulai melakukan uji coba mengantar pesanan barang menggunakandi Indonesia. Hari ini JD.com mengumumkan, uji coba tersebut sukses.
 
Kepada Medcom.id,pihak JD.com menyatakan bahwa keberhasilan ini bisa membuka pintu bagi penggunaan drone komersial di masa depan di wilayah Indonesia dan kawasan Asia Tenggara.
 
Penerbangan uji coba tersebut berlangsung pada 8 Januari 2019 lalu di kawasan Jawa Barat, Indonesia. Rute terbang drone itu adalah dari Desa Jagabita, Parung Panjang, Bogor ke Sekolah Dasar MIS Nurul Falah Leles.Drone itu terbang untuk mengirimkan tas ransel dan buku-buku kepada para siswa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Barang-barang yang dikirim dengan menggunakan drone tersebut adalah bagian dari donasi peralatan sekolah dalam jumlah lebih besar dari JD.com ke sekolah tersebut.
 

 
Uji coba terbang drone tersebut dihadiri perwakilan dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara yang diwakili oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) dan Direktorat Navigasi Penerbangan (DNP), TNI AU, dan Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (atau yang umum dikenal dengan Air Navigation atau AirNav Indonesia).
 
Pada bulan November di tahun 2017, JD.com dan JD.ID bersama sama mulai berdiskusi dengan Direktorat Navigasi Penerbangan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan AirNav untuk mengadakan penerbangan uji coba teknologi drone untuk memajukan layanan logistik.
 
JD.com mengatakan, laporan uji coba ini juga diumumkan lewat konferensi pers pada Pertemuan Tahunan World Economic Forum (WEF) atau Forum Ekonomi Dunia tahun 2019.
 

 
Menurut JD.ID selaku mitra dari JD.com, mengingat kondisi geografis Indonesia yang berupa kepulauan, penggunaan drone untuk kebutuhan umum termasuk kebutuhan e-commerce dan logistik akan memungkin warga di Indonesia menikmati beragam layanan dari JD.ID.
 
JD.ID juga berkomitmen untuk memanfaatkan logistik perusahaan dan sumber daya lainnya dalam mendukung bantuan kemanusiaan. Misalnya, bantuan yang baru-baru ini diberikan untuk masyarakat Sigi, Palu dan Donggala pada akhir tahun 2018 lalu.
 
"Kami sangat bangga dan senang sekali JD.ID bisa menjadi bagian dari peristiwa bersejarah di Indonesia dalam bidang lompatan dan pencapaian teknologi dengan dilakukannya uji terbang drone untuk yang pertama kalinya oleh sebuah perusahaan swasta," tutur CEO JD.ID, Zhang Li.
 
JD.com adalah mitra strategis World Economic Forum (WEF) dan mitra Centre for the Fourth Industrial Revolution (C4IR) pemangku kepentingan untuk mengembangkan kerangka kerja kebijakan dan memajukan kolaborasi yang mempercepat pemanfaatan sains dan teknologi.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi