Uji coba pengiriman logistik menggunakan drone.
Uji coba pengiriman logistik menggunakan drone.

JD Jajal Pengiriman Pakai Drone

Teknologi drone e-commerce JD.ID
Cahyandaru Kuncorojati • 22 Januari 2019 21:41
Jakarta: Selain di Tiongkok, kini JD.com juga mulai melakukan uji coba mengantar pesanan barang menggunakandi Indonesia. Hari ini JD.com mengumumkan, uji coba tersebut sukses.
 
Kepada Medcom.id,pihak JD.com menyatakan bahwa keberhasilan ini bisa membuka pintu bagi penggunaan drone komersial di masa depan di wilayah Indonesia dan kawasan Asia Tenggara.
 
Penerbangan uji coba tersebut berlangsung pada 8 Januari 2019 lalu di kawasan Jawa Barat, Indonesia. Rute terbang drone itu adalah dari Desa Jagabita, Parung Panjang, Bogor ke Sekolah Dasar MIS Nurul Falah Leles.Drone itu terbang untuk mengirimkan tas ransel dan buku-buku kepada para siswa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Barang-barang yang dikirim dengan menggunakan drone tersebut adalah bagian dari donasi peralatan sekolah dalam jumlah lebih besar dari JD.com ke sekolah tersebut.
 
JD Jajal Pengiriman Pakai Drone
 
Uji coba terbang drone tersebut dihadiri perwakilan dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara yang diwakili oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) dan Direktorat Navigasi Penerbangan (DNP), TNI AU, dan Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (atau yang umum dikenal dengan Air Navigation atau AirNav Indonesia).
 
Pada bulan November di tahun 2017, JD.com dan JD.ID bersama sama mulai berdiskusi dengan Direktorat Navigasi Penerbangan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan AirNav untuk mengadakan penerbangan uji coba teknologi drone untuk memajukan layanan logistik.
 
JD.com mengatakan, laporan uji coba ini juga diumumkan lewat konferensi pers pada Pertemuan Tahunan World Economic Forum (WEF) atau Forum Ekonomi Dunia tahun 2019.
 
JD Jajal Pengiriman Pakai Drone
 
Menurut JD.ID selaku mitra dari JD.com, mengingat kondisi geografis Indonesia yang berupa kepulauan, penggunaan drone untuk kebutuhan umum termasuk kebutuhan e-commerce dan logistik akan memungkin warga di Indonesia menikmati beragam layanan dari JD.ID.
 
JD.ID juga berkomitmen untuk memanfaatkan logistik perusahaan dan sumber daya lainnya dalam mendukung bantuan kemanusiaan. Misalnya, bantuan yang baru-baru ini diberikan untuk masyarakat Sigi, Palu dan Donggala pada akhir tahun 2018 lalu.
 
"Kami sangat bangga dan senang sekali JD.ID bisa menjadi bagian dari peristiwa bersejarah di Indonesia dalam bidang lompatan dan pencapaian teknologi dengan dilakukannya uji terbang drone untuk yang pertama kalinya oleh sebuah perusahaan swasta," tutur CEO JD.ID, Zhang Li.
 
JD.com adalah mitra strategis World Economic Forum (WEF) dan mitra Centre for the Fourth Industrial Revolution (C4IR) pemangku kepentingan untuk mengembangkan kerangka kerja kebijakan dan memajukan kolaborasi yang mempercepat pemanfaatan sains dan teknologi.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif