Facebook War Room Brazil (Foto: Sam Levin)
Facebook War Room Brazil (Foto: Sam Levin)

Facebook Belum Pastikan War Room di Indonesia

Teknologi facebook
Lufthi Anggraeni • 22 Oktober 2018 17:41
Jakarta: Jelang pemilihan umum di sejumlah negara, termasuk Indonesia, Facebook mendirikan War Room di kantor pusatnya di Menlo Park, California, Amerika Serikat.
 
War Room menjadi bagian dari solusi Facebook dalam mencegah interfensi terkait pemilihan umum, termasuk kesalahan informasi dan propaganda.
 
Hingga saat ini, War Room baru tersedia untuk diujicoba di wilayah Amerika Serikat dan Brasil. Disinggung menyoal kehadirannya di Indonesia, pihak Facebook mengaku belum mendapatkan informasi terkait dengan rencana kehadiran War Room di Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Belum tahu karena rollout-nya bergilir, saat ini masih di luar (Indonesia) dulu, dan belum ada percakapan untuk rollout di Indonesia karena masih ujicoba di Brazil," ujar Communication Lead Facebook Indonesia, Putri Dewanti.
 
Selain itu, Facebook juga mengaku belum dapat berkomentar lebih jauh terkait dengan program serta fitur yang berkenaan dengan pemilihan umum, terutama di Indonesia.
 
Putri menyebut hal ini masih dalam tahap perundingan dengan pihak lain di Facebook termasuk WhatsApp dan Instagram.
 
Sebagai informasi, War Room merupakan ruang dengan pengawasan tim khusus, yang didedikasikan Facebook untuk memantau pengguna jejaring sosial miliknya, guna menemukan dan mencegah tindakan yang bertujuan untuk mengacaukan pemilihan umum, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.
 
Namun Putri menyebut, untuk inisiatif terkait dengan pemilihan umum, salah satu fitur yang telah digulirkan Facebook di Indonesia sejak bulan Mei lalu adalah iklan politik (Politic Ads).
 
Fitur ini digulirkan di Indonesia berbarengan dengan peluncuran globalnya, meski hingga saat ini Facebook menyebut iklan ini belum digunakan oleh pihak terkait.
 
Fitur ini diharapkan membantu masyarakat membedakan iklan komersial dengan iklan yang didukung oleh partai politik tertentu.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif