Dihadiri 2.000 peserta, acara ini memberikan wawasan praktis mengenai tren digital terkini melalui 50 pakar dari ragam industri, di antaranya Adobe, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Sinar Mas Land, Bio Farma, Oriflame, Statista, hingga IKEA Indonesia.
Pada pembukaan E-Commerce Expo: powered by Sirclo, Triawan Munaf, Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mengatakan, tren pertumbuhan e-commerce di Indonesia yang melesat telah menjadi katalisator bagi sektor ekonomi kreatif agar pelaku usaha memperoleh akses ke pasar yang lebih luas.
"Acara E-Commerce Expo yang diselenggarakan oleh Sirclo menjadi penting guna mendorong kesadaran para pelaku bisnis dari berbagai skala akan potensi e-commerce, agar tercipta ruang kolaboratif dalam membantu mereka tetap unggul dan mencapai sustainable growth.”
Guna mendukung akselerasi transformasi digital bagi seluruh pelaku usaha, acara ini terbagi ke dalam tiga tema besar, yaitu Business, Technology, dan Innovation dengan membahas topik-topik yang bervariasi, mulai dari tren daring terkini, strategi bisnis omnichannel, e-commerce, social dan live commerce, hingga digital marketing.
Acara ini turut menghadirkan berbagai mitra strategis dalam ekosistem Sirclo sebagai exhibitors yang memungkinkan para pengunjung untuk memperluas jaringan dan kolaborasi guna menyokong kemajuan usaha secara kolektif.
Sebagai salah satu mitra strategis, Bio Farma Grup turut mendukung acara ini melalui keterlibatan sebagai mitra sekaligus pembicara mengenai transformasi digital dari dunia healthcare yang telah dilakukan oleh Bio Farma Grup.
OT. Ponangsera, CPO dari Divisi SBU Digital Service Ecosystem & Enterprise IT, Bio Farma Grup, menuturkan, keterlibatan diharapkan dapat memberikan wawasan case study terkait upaya Bio Farma Group saat melakukan transformasi digital guna mendukung pembangunan digital healthcare yang terintegrasi dengan semangat kolaborasi dengan semua pihak.
Dengan geliat ekonomi digital yang semakin pesat, Bank Indonesia (BI) memproyeksikan transaksi e-commerce mencapai hingga Rp572 triliun pada tahun 2023. Berkaca dari prediksi tersebut, Brian Marshal, Founder dan CEO Sirclo Group menyampaikan dalam kata sambutan penutupan acara E-Commerce Expo, melalui wawasan praktis yang telah dibagikan selama dua hari ini, saya berharap Sirclo dapat membantu pemberdayaan seluruh pelaku usaha untuk mampu bersaing secara kompetitif serta berkelanjutan.
E-Commerce Expo turut menilik lebih dalam terkait potensi UMKM di Indonesia. Menurut data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KemenKop UKM) pada tahun 2021, UMKM Indonesia telah menyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 61,07% serta mampu menyerap 97% dari total angkatan kerja.
Dalam rangka mendorong percepatan digitalisasi UMKM, E-Commerce Expo: powered by Sirclo menutup rangkaian acaranya dengan pengumuman pemenang kompetisi Panen Omset, yaitu sebuah program yang didukung oleh Maybank Syariah untuk membantu pelaku UMKM dalam bertransformasi digital—dimulai dari pelatihan hingga pendampingan dari para pakar dalam bidangnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News