Jakarta: Zoom baru ini menggelar diskusi dengan mengundang pemimpin sektor publik terkemuka dari Singapura, Indonesia, FIlipina, dan Thailand, untuk membahas teknologi komunikasi berbasis cloud sebagai bagian dari transformasi digital.
Zoom melihat solusi dari komunikasi berbasis cloud sudah waktunya hadir di kawasan Asia Pasifik melihat peningkatan gaya kerja hybrid dan jarak jauh yang diterapkan oleh sejumlah perusahaan.
Di sini Zoom memberikan gambaran mengenai solusi dari teknologi telepon berbasis cloud atau Cloud Telephony. Komunikasi lewat telepon bagi bisnis saat ini masih dilihat sebagai bagian operasional bisnis yang penting.
Tidak sederhana seperti dibayangkan, sistem telepon perusahaan harus bisa mengintegrasikan sejumlah fitur untuk menjawab kebutuhan perusahaan maupun pelanggan, misalnya kemampuan merekam panggilan dan reporting dashboards.
Solusi teknologi Cloud Telephony memungkinkan karyawan untuk melakukan dan menerima panggilan dari perangkat apa pun yang terhubung dengan internet, bukan hanya dari fixed line, mulai dari smartphone, tablet, hingga laptop sehingga dapat mendukung fleksibilitas gaya bekerja hybrid.
Teknologi Cloud Telephony bekerja dalam bentuk telepon VoIP alias berbasis internet namun seluruh infrastruktur dan fitur atau software yang dibutuhkan oleh perusahaan ditempatkan di cloud.
Di sisi operasional, perusahaan atau bisnis juga mampu menekan efisien biaya dengan menyederhanakan perangkat dan cara kerja sekaligus mendukung produktivitas dan mampu memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan.
Di rangkaian diskusi yang digelar oleh Zoom ditemukan beberapa fakta yang menggambarkan kebutuhan atau benefit dari solusi Cloud Telephony. Pertama yang sudah ditegaskan di awal adalah teknologi bisa mendukung perusahaan dan karyawan dengan gaya kerja hybrid.
Kedua ditemukan tantangan bagi perusahaan dalam mulai mengadopsi jenis layanan berbasis teknologi Cloud Telephony yaitu isu keamanan dan kepatuhan terhadap kebijakan atau strategi perusahaan.
Tantangan lain yang ditemukan juga termasuk keahlian tenaga kerja dalam mengoperasikan teknologi serta ketersediaan infrastruktur. Zoom sendiri disebut sejak lama sudah menyediakan fitur atau layanan serupa Cloud Telephony bernama Zoom Phone.
Platform komunikasi terpadu Zoom, yang mencakup sistem Zoom Phone, dinobatkan sebagai pemimpin dalam 2022 Gartner Magic Quadrant untuk kategori Unified Communications as a Service (UCaaS) atau layanan komunikasi terpadu di seluruh dunia.
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id